Ternyata Makan Nanas Saat Hamil Malah Bermanfaat, Asal...

  • Sabtu, 7 Januari 2017 12:30 WIB

Ternyata Makan Nanas Saat Hamil Malah Bermanfaat, Asal... | istock

Satu porsi nanas potong segar menunjang kurang lebih 79 mg vitamin C, nutrisi yang diperlukan untuk menyuplai produksi kolagen yang membantu pertumbuhan kulit, tulang, tulang rawan, dan tendon bayi.

Selain bisa memberikan dorongan nutrisi bagi janin dalam kandungan untuk bisa bertumbuh kembang dengan optimal, menurut Live Science konsumsi nanas sekaligus bisa menunjang kekebalan tubuh ibu hamil yang  pada umumnya membutuhkan 85 mg asupan vitamin C harian.

Nanas merupakan sumber serat tinggi, yang secara efektif meringankan  sembelit, keluhan  umum yang ditemukan pada tahap awal kehamilan. Nanas juga menyediakan banyak nutrisi lainnya, termasuk vitamin A dan B6, folat, niacin, thiamin, riboflavin, asam pantotenat, besi, magnesium, kalium dan mangan.

Baca: Ingat! Ketika Lahir, Anak Perempuan Tak Perlu Disunat karena Alasan Medis Ini

Tapi, tak semua wanita boleh konsumsi nanas saat hamil. Berhati-hatilah jika Anda memiliki perut yang sensitif. Sebab asam dalam nanas dapat menyebabkan perut mulas atau refluks asam lambung.

Dan jika Anda mengonsumsi jus nanas yang belum cukup matang, bromelain yang terkandung mungkin dapat mendatangkan efek pencahar parah, yang menyebabkan diare.

Baca: Mengatasi Kaki Sakit dan Lecet Saat Hamil

Wanita hamil yang memiliki diabetes gestasional (atau berada pada risiko tinggi) mungkin perlu berhati-hati tentang konsumsi nanas, terutama dalam bentuk jus.

Jus buah adalah sumber gula alami terkonsentrasi tinggi dari buah-buahan utuh, sehingga bisa menyebabkan gula darah meningkat tajam jika dikonsumsi dalam jumlah besar dalam satu waktu.

Baca: 4 Penyebab Keguguran Saat Hamil Muda

Jika Anda memiliki diabetes gestasional, Anda masih bisa minum jus nanas sebagai bagian kecil dari menu makan mengandung tinggi protein atau serat, karena dua nutrisi ini mampu mengurangi respon gula darah.

Namun, bila setelah makan nanas Anda mengalami alergi seperti gatal atau bengkak di mulut, reaksi kulit (merah, gatal, bengkak), asma, pilek atau hidung tersumbat, segera hubungi dokter Anda dan konsultasikan makanan yang boleh atau dilarang selama kehamilan.

Sumber: HelloSehat

Reporter : Ade Ryani HMK
Editor : Ade Ryani HMK

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×