Wajib Tahu! Ini Efek Samping pada Tubuh Jika Berhenti Minum Pil KB

  • Selasa, 16 Agustus 2016 07:45 WIB

Ternyata Ini Cara Kerja Pil KB Mengontrol Kehamilan | newhealthadvisor

Menghentikan kontrasepsi hormonal yang selama ini kita konsumsi ternyata bisa memicu berbagai efek samping. Selain muka berjerawat dan emosi jadi tak menentu, berhenti minum pil KB terkadang membuat perut lebih gampang kembung.

Penelitian berhasil mengungkap penyebabnya. Dalam riset yang dilakukan tim dari National Institute of Environmental Health Science disebutkan, kadar vitamin D dalam tubuh wanita cenderung turun setelah mereka berhenti minum pil KB. Kondisi itu juga memicu terjadinya perut kembung.

Baca: Lupa dan Terlewat Minum Pil KB, Haruskah Segera Pakai Kondom?

Penelitian juga menunjukkan, wanita yang memakai kontrasepsi memiliki kadar vitamin D 20 persen lebih tinggi dibanding dengan wanita yang tidak lagi memakai pil itu.

Ketika dalam tubuh wanita terdapat cukup estrogen, maka tubuh juga memproduksi lebih banyak vitamin D dan kalsium. Hal itu merupakan cara alami tubuh untuk membantu perkembangan janin.

Baca: Konsumsi Pil KB dan Tak Ada Tanda Hamil, Perempuan Ini Mendadak Melahirkan

Sebenarnya kita menyiasati keluhan kembung tersebut. Salah satunya dengan memastikan tubuh cukup mendapat vitamin D dari makanan, misalnya ikan laut dalam, telur, jamur, dan juga secara rutin terpapar sinar matahari pada beberapa minggu pertama setelah berhenti minum pil KB. 

Kompas Health

Reporter : Ade Ryani HMK
Editor : Ade Ryani HMK

Tags :

#pil kb

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×