Anda Ketergantungan Pakai Krim Perawatan Kulit Wajah? Baca Ini!

  • Selasa, 14 Juni 2016 13:00 WIB

Anda Ketergantungan Pakai Krim Perawatan Kulit Wajah? Baca Ini! | Beautyskin

Ada sebagian perempuan yang menghindari menggunakan produk perawatan wajah dari dokter kulit dengan alasan tak mau kulitnya menjadi ketergantungan. Kekhawatiran terbesar ialah saat tidak memakainya sebentar saja, maka kulit akan menjadi rusak atau tidak cantik lagi.

Persepsi di atas yang diakui oleh Susie Rendra, dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah tersebut sangat keliru. Ia mengatakan bahwa tidak benar produk perawatan wajah dari dokter akan menyebabkan ketergantungan.

Baca: Tidak Perlu Pakai Krim Wajah Agar Kulit Bisa Bernapas di Malam Hari, Benarkah?

“Krim perawatan wajah memang sebaiknya dipakai seumur hidup jika ingin menjaga kulit tetap sehat. Banyak yang bilang ini ketergantungan, bukan ketergantungan. Ini urusannya sama aging (penuaan) karena aging itu berlangsung terus menerus. Jadi penggunaan krim wajah itu perlu terus menerus," kata Susie di Jakarta, Senin (13/6) soal kebiasaan pakai krim wajah menyebabkan ketergantungan.

Baca: Hati-hati, Sembarangan Mencampur Krim Bisa Merusak Kulit Wajah!

Sayangnya, kebanyakan orang hanya memakai krim perawatan hanya saat wajah bermasalah. Ketika perawatan dihentikan dan muncul masalah baru, mereka sebut itu sebagai ketergantungan. Padahal, masalah baru pada kulit itu karena tidak dirawat.

Penggunaan krim perawatan wajah pada setiap orang pun berbeda-beda, tergantung jenis kulit dan masalah pada kulit. Misalnya, penggunaan sunblock di wajah berguna menangkal paparan sinar matahari yang bisa mempercepat proses penuaan.

Baca: Yang Terjadi Jika Wajah Terlalu Sering Pakai BB Krim

Dermatologi Suksmagita Pratidina menambahkan, saat wajah terlihat lebih bagus atau masalah kulit hilang, penggunaan krim malam memang tetap harus dilanjutkan. Namun, krim malam yang digunakan selanjutnya berbeda. Tentu krim perawatan dengan krim untuk mengatasi permasalahan kulit formulanya berbeda.

Penggunaan krim perawatan untuk wajah yang tepat bisa dikonsultasikan ke dokter kulit. "Kita enggak bisa hindari perawatan karena itu untuk menjaga kulit kita. Bukan supaya lebih cantik saja, tetapi supaya kulit tetap sehat. Misalnya, sampai usia beberapa puluh tahun dari sekarang, kulit tetap bagus," ujar Gita.

Dian Maharani/KompasHealth

Reporter : Ridho Nugroho
Editor : Ridho Nugroho

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×