Cantik Berhijab

Editor: nova.id / nova.id
Kamis, 7 November 2013
Foto :

31

""

Wajah Persegi

Don't :
Hindari menggunakan warna-warna kerudung bernuansa gelap dan gaya kerudung berbentuk segitiga yang menonjol ke atas.
Do:
Gunakan kerudung berbentuk round shape untuk menyamarkan wajah agar tidak terlihat lebih kotak. Padankan  dengan kerudung warna-warna lembut, agar wajah terlihat mungil dan tidak terlalu mencolok.

Wajah Bulat

Don't :
Pemilik wajah bulat sebaiknya menghindari penggunaan kerudung dengan hiasan draperi di kanan atau kiri bawah telinga. Underscaves (ciput arab) yang ditarik kedepan menutup dahi, sebaiknya juga dihindari, sebab hanya akan mebuat wajah terlihat lebih pendek dan semakin bulat. Bila ingin menggunakan ciput sebaiknya tarik ciput ke bagian belakang agar wajah terlihat lebih panjang.

Do :
Untuk menyamarkan wajah bulat sebaiknya gunakan kerudung dengan bantuan undercaps yang membuat wajah terkesan panjang. Tarik kerudung hingga bagian pipi untuk menghilangkan kesan chubby atau tembam.

Wajah Oval
Pemilik wajah oval boleh berbahagia karena oval merupakan wajah ideal untuk berbagai gaya hijab. Namun hindari menggunakan ciput dengan posisi horizontal 

Bentuk wajah otomatis berubah saat dibingkai kerudung. Sebagian pipi, dahi, dan seluruh leher akan tertutup, area yang tersisa adalah wajah. Logikanya, wajah seharusnya terkesan  lebih mungil.

Banyak pemakai kerudung tidak menyadari bahwa ukuran dahi menjadi salah satu penentu pembentukan kesan wajah. Dahi pendek, membuat wajah pendek dan kurang lonjong saat dibingkai kerudung. Sebaliknya, dahi tinggi memudahkan wajah terlihat panjang.

Untuk mengoreksi area pipi dan dahi ini, diperlukan bingkai yang tepat melalui pemilihan ciput/inner yang pas.

Dahi

Dahi pendek:
l Kenakan ciput pet, dengan pet sedang/besar untuk memberikan kesan "tinggi" pada wajah.
l Bila memilih ciput/inner tanpa pet, pastikan ciput berpotongan di dagu, yang banyak dikenal sebagai antem (anti tembem)
l Ciput gaya persian (ciput dengan kerut di salah satu sisi) akan membantu dahi terlihat tinggi.
Dahi tinggi:
Pemilik dahi tinggi, bebas memilih model ciput. Padukan dengan kerudung berwarna lembut. 

Pipi
Pipi lebar
l Kenakan ciput pet. Dahi yang dibuat tinggi, otomatis akan membuat kerudung menutup pipi.
l Bila tidak ingin mengenakan ciput pet, pilih ciput berpotongan di dagu yang kini dikenal dengan nama antem (anti tembem).
Pipi tirus
Pemilik pipi tirus bebas memilih jenis ciput, kombinasikan dengan kerudung yang kontras agar terlihat lebih cantik.

Wisnu Sulistyanto

foto: agus dwianto/nova

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.