Yang Terjadi Jika Wajah Terlalu Sering Pakai BB Krim

  • Jumat, 1 April 2016 13:00 WIB

Yang Terjadi Jika Wajah Terlalu Sering Pakai BB Krim | HuffingtonPost

BB/CC krim atau kini generasi terbaru DD krim, mungkin adalah senjata pamungkas kebanyakan perempuan untuk menutupi berbagai masalah kekurangan wajah sekaligus sebagai pengganti alas bedak.

Mirisnya, mayoritas perempuan kerap mengaku sulit melepaskan diri dari dampak kebiasaan keseringan memakai BB krim. Sebab, BB krim dapat meningkatkan rasa percaya diri dengan membuat wajah nampak nyaris sempurna.

Bahkan, tak jarang, penggunaan BB krim pun tetap diaplikasikan ketika para perempuan beraktivitas yang memicu banyak keringat, salah satunya olahraga.

Harus diakui, terdengar sulit rasanya bagi mereka yang terbiasa mengenakan kosmetik setiap harinya untuk dapat melewatkan aplikasi BB krim setiap akan keluar rumah. Namun, ternyata ini yang terjadi jika wajah terlalu sering pakai BB krim. Seperti kesimpulan yang didapatkan oleh tabloidnova.com berikut ini:

Baca: Panduan Sebelum Membeli BB Krim dan CC Krim, Wajib Tahu!

Rentan bikin wajah berjerawat dan komedo
Secara umum, bahan dasar BB krim didominasi oleh kosmetik berbahan dasar minyak dan mineral. Khusus BB krim berbahan dasar minyak, memang teksturnya mudah menempel pada kulit.

Namun, bagi Anda yang memiliki kulit cenderung sensitif dan berminyak, keseringan pakai BB krim setiap harinya akan memicu penyumbatan pori-pori yang berujung pada penimbunan lemak, kotoran dan bakteri penyebab jerawat serta komedo.

Baca: Perlukah Mengoleskan Pelembap saat Memakai BB krim?

Kelembapan alami wajah akan semakin berkurang dan terlihat kusam
Tanpa disadari, penggunaan kosmetik kimiawi manapun akan membuat wajah cenderung kusam dan kering. Paparan bahan yang terkandung di dalam BB krim biasanya difungsikan untuk mencegah wajah kulit berminyak dengan menahan keluarnya sebum alami pori-pori kulit wajah. Ini yang dikhawatirkan untuk kesehatan kulit jangka panjang.

Sejatinya,BB/CC krim bekerja dengan menutupi kekurangan wajah juga membebaskan wajah dari kilap akibat keringat alamiah wajah. Lama kelamaan, wajah akan terasa lebih kering dan kusam. Apalagi bila ditambahkan aplikasi bedak setiap harinya. Anda butuh perawatan facial dan peeling setidaknya 30 hari sekali untuk meregenerasi kulit.

Baca: BB atau CC Krim, Mana Lebih Cocok untuk Muka Berjerawat dan Kulit Gelap?

Wajah akan terlihat lebih pucat saat Anda tidak mengaplikasikan BB krim
Pernahkah Anda yang berkomentar bahwa wajah Anda terlihat tidak segar dan lesu saat Anda sedang tidak menggunakan BB krim? Ya, seperti halnya alas bedak, BB krim yang bermanfaat menutupi kekurangan wajah akan langsung terlihat saat tidak diaplikasikan.

Wajah yang tadinya mulus dan terlihat sempurna, jika diperhatikan saksama akan terlihat tidak rata, pori-pori yang membesar, timbulnya bintik kecokelatan dan lainnya.

Anjuran terbaik dari tabloidnova.com ialah dengan membatasi penggunaan BB krim sesuai keperluan saja. Bila memang sudah menjadi kebiasaan, jangan lupa melakukan perawatan wajah secara bersamaan. Utamakan penggunaan tabir surya dengan kandungan SPF dan PA sesuai standar pakar kesehatan.

Selain itu, aplikasikan selalu pelembap dan serum wajah sebelum memakai BB krim untuk meminimalisasi dampak keseringan pakai BB krim. Dan biasakan menggunakan krim malam dan serum wajah untuk proses regerenasi kulit wajah di malam hari.

Reporter : Ridho Nugroho
Editor : Ridho Nugroho

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×