4 Langkah untuk Food Blogger Promosikan Kuliner Indonesia di Mata Dunia

Editor: nova.id / nova.id
Rabu, 18 Maret 2015
Foto :

Tabloidnova.com - Seorang blogger ternama yang khusus menuliskan tentang kuliner Indonesia, Bayu Angus, mengatakan, dengan adanya internet segala hal menjadi tak terbatas atau limitless, termasuk soal kuliner.

Bayu mengaku, sejak 2001-2002 ia mulai menyukai kegiatan wisata kuliner. Segala jenis makanan, baik tradisional Indonesia maupun makanan dari negera lain, kerap ia coba. Saking seringnya ia melakukan wisata kuliner, lama-lama ia kerap penasaran ingin tahu apa makna di balik sebuah makanan atau bagaimana sejarahnya.

Namun tiap kali ia melakukan pencarian di internet, Bayu kerap merasa kecewa, lantaran informasi kuliner Indonesia sangat minim yang ia dapatkan. "Sementara bila saya cari kata kunci Thai food, informasi yang keluar dari Google begitu banyaknya. Begitu saya pakai kata kunci Indonesian food, yang keluar justru informasi soal makanan Singapura dan Malaysia," kata Bayu.

Data lain berdasarkan Google Trends yang dilihat Bayu dari tahun 2005 hingga 2015, pencarian mengenai Indonesian Cuisine cenderung menurun dari tahun ke tahun. Berbeda halnya dengan Thailand Cuisine yang cenderung naik secara perlahan namun pasti dari tahun ke tahun. Bahkan untuk Korean Cuisine terlihat naik lebih signifikan dari tahun ke tahun.

Selain itu, pria yang tinggal di Bali ini juga merasa pemerintah Indonesia masih belum terlalu serius dalam mempromosikan kuliner asli Indonesia ke mata dunia. "Faktor itulah yang membuat saya akhirnya bikin blog dengan tujuan ingin lebih memperkenalkan kuliner asli Indonesia ke masyarakat internasional."

Sebenarnya, kata Bayu, sudah sejak beberapa tahun belakangan ini banyak bermunculan blogger yang khusus menuliskan kuliner Indonesia yang biasa disebut food blogger. Sayangnya para blogger ini, lanjut Bayu, masih lebih banyak menggunakan Bahasa Indonesia dalam menuliskan mengenai kuliner Indonesia atau nusantara.

"Padahal, kalau kita ingin makanan dan masakan Indonesia semakin dikenal ke seluruh dunia melalui dunia maya, di mana warga dunia menggunakan Bahasa Inggris,  sudah selayaknya para blogger laman blog-nya dalam pengantar Bahasa Inggris juga. Dan itulah yang saya lakukan, menulis blog dalam Bahasa Inggris," papar Bayu yang blog-nya diberi nama Epicurina sudah penuh dengan pemasang iklan.

Menurut Bayu, cara agar food blogger promosikan kuliner Indonesia di mata dunia bisa ditempuh dalam empat tahap. Keempat tahapan ini, Bayu menyebutnya sebagai Foodie Jouney, di mana keempat tahap ini idealnya dilakukan secara online maupun offline (seperti kegiatan gathering komunitas atau demo masak kuliner khas nusantara).  

Discovery. Dengan tujuan pembaca blog tahu bahwa Indonesia memiliki aneka ragam hidangan lezat yang peru dicicipi. Dan bukan hanya itu, di balik sepiring sajian lezat khas nusantara itu juga tersimpan sejarah dan makna yang tak dimiliki bangsa lain. Onboarding. Dengan tujuan menciptakan eating or cooking experience yang berkesan kepada para pembaca,, melalui kuliner nusantara yang luar biasa ragam dan citarasanya. Exploring. Dengan tujuan mendapatkan wawasan lebih luas mengenai makanan Indonesia atau nusantara.Mastery. Membagikan berbagai pengalaman mengenai makanan dan masakan khas Indonesia ke seluruh dunia melalui internet.

Discovery. Dengan tujuan pembaca blog tahu bahwa Indonesia memiliki aneka ragam hidangan lezat yang peru dicicipi. Dan bukan hanya itu, di balik sepiring sajian lezat khas nusantara itu juga tersimpan sejarah dan makna yang tak dimiliki bangsa lain.

Onboarding. Dengan tujuan menciptakan eating or cooking experience yang berkesan kepada para pembaca,, melalui kuliner nusantara yang luar biasa ragam dan citarasanya.

Exploring. Dengan tujuan mendapatkan wawasan lebih luas mengenai makanan Indonesia atau nusantara.

Mastery. Membagikan berbagai pengalaman mengenai makanan dan masakan khas Indonesia ke seluruh dunia melalui internet.

 Intan Y. Septiani

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.