Cerita Tragis di Balik Tewasnya TKI Asal Medan di Malaysia Usai Ditelantarkan Majikan

  • Selasa, 13 Februari 2018 15:35 WIB

Adelina Lisao tidur di beranda rumah di Taman Kota Permai, Penang, Malaysia, ketika ditemukan Sabtu (10/2). TKI asal Nusa Tenggara Timur itu ditemukan dengan berbagai luka di wajah dan kepala | Steven Sim/The Malay Online

NOVA.id - Adelina Lisao, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kupang, NTT yang ditemukan meninggal di Malaysia menambah daftar panjang kasus pelanggaran HAM terhadap para pejuang visa di luar sana.

Sebelum meninggal, Adelina diduga menjadi korban kekerasan yang dilakukan oleh majikannya sendiri.

Baca juga: Tragis! Oknum Sopir Online Lecehkan dan Telantarkan Penumpang Perempuan di Bandara Soekarno-Hatta

Berdasarkan laporan dari The Straits Times, Adelina meninggal pada Minggu (11/2) waktu setempat di rumah sakit Malaysia.

Sementara itu, berdasarkan keterangan yang diperoleh dari tetangga dimana Adelina selama ini bekerja, ia terpaksa tidur dengan seekor anjing di beranda rumah selama sebulan terakhir sebelum ditemukan pada Sabtu (10/2).

Baca juga: Berjuta Kebaikan dalam Segelas Susu Gurih Tanpa Garam yang Wajib Kita Tahu

Sementara itu, dilansir dari Kompas.com, pihak Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) sudah memperoleh informasi terkait penyebab meninggalnya Adelina.

Informasi tersebut rupanya diperoleh BNP2TKI dari satgas yang telah melihat langsung kondisi jenazah dan bertemu dengan Dokter Amir Sa'ad, pakar forensik RS Sebrang Jaya, dan Inspektur Zul, polisi Kantor Polisi Sebrang Prai Tengah.

Baca juga: Tak Perlu Was-Was Memulai Bisnis Bakery Asal Ada Tepung Premix, Ini Alasannya

"Hasil sementara, kematian disebabkan anemia, kekurangan hemoglobin, dan malnutrisi akibat pembiaran yang dilakukan majikan dalam jangka lama," kata Kepala BNP2TKI Nusron Wahid dalam keterangan tertulis yang dikutip dari Kompas.com, Selasa (13/2).

Reporter : Amanda Hanaria
Editor : Amanda Hanaria

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×