Formal tapi Santai, Begini Suasana Resepsi Pernikahan Gibran dan Selvi

Editor: nova.id / nova.id
Kamis, 11 Juni 2015
Foto :

Tabloidnova.com - Resepsi pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda di Gedung Graha Saba Buwana, Solo, Kamis (11/6/2015) siang, berlangsung meriah. Konsep acara sederhana, namun tidak meninggalkan kesan elegan mewarnai setiap sudut ruangan.

Reporter Kompas.com, Fabian Januarius Kuwado, masuk ke daftar undangan resepsi pernikahan Gibran dan Selvi. Kesan formal bahwa ini adalah acara pejabat negara begitu terasa saat memasuki gedung milik keluarga Joko Widodo itu.

Para tamu diminta berbaris rapi, satu per satu pun masuk ke dalam. Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) tampak mengawal tamu berjalan di sisi kiri dan kanan. Mereka mengecek undangan para tamu. Para tamu diminta mengisi buku tamu sebelum diperiksa satu per satu melalui pintu metal detektor.

Dua buah tenda dengan deretan kursi berdiri anggun di sisi kiri dan kanan selepas tamu melewati pintu detektor. Di depan deretan kursi, disediakan aneka makanan khas mulai dari martabak, kue kering dan kue basah. Semuanya berlabel "ChiliPari", perusahaan katering milik Gibran.

Baca: Akad Nikah Gibran - Selvi, Cantiknya Selvi Ananda Berkebaya Putih Naik Kereta Kencana

Di antara dua tenda tamu, panitia mendirikan sebuah tenda boothfoto. Siapapun yang mau befoto, sendiri atau bersama-sama, ada jasa fotografer lengkap dengan hasil cetakannya yang langsung jadi. Pada area ini, tampak Paspampres berjaga di sejumlah titik.

Berbeda seperti di area luar, suasana di dalam gedung resepsi pernikahan Gibran dan Selvi jauh lebih santai. Meski tetap ada Paspampres, keberadaan mereka hanya fokus di area pelaminan saja, itu pun berbaur dengan tamu undangan.

Memasuki ruangan yang memiliki kapasitas hingga 2.000 orang, tamu dihadirkan suasana yang sederhana, lembut, namun tetap elegan. Sederhana terlihat dari tidak adanya asesoris ruangan yang mendominasi atau mencolok.

Karangan bunga krisan ditempatkan dengan jarak yang pas di jalur berjalan. Tidak terlalu jauh, tidak pula terlalu dekat. Kesan lembut hadir dalam warna yang dipilih, baik untuk bunga atau kain meja makanan, misalnya, merah muda, putih dan cokelat.

Warna aksesoris ruangan berpadu apik dengan warna dasar tembok yang didominasi kayu cokelat dan plafon warna senada, yakni berupa ukiran dengan banyak lampu.

Suasana santai juga sangat terasa. Para tamu dapat lalu lalang, bercengkrama satu sama lain mengambil makanan sesuka hati, bahkan bisa bebas selfie dengan latar pelaminan.

Baca: Selamat! Gibran Rakabuming Mantap Ucap Ijab Satu Kali

Bicara pelaminan resepsi pernikahan Gibran dan Selvi, tempat itulah yang seolah menjadi pusat tata dekorasi ruangan. Pelaminan sepanjang sekitar 20 meter itu berlatar gebyok cokelat. Di atas pelaminan dipasang juntaian bunga melati yang membuat siapapun di bawahnya merasa harum semerbak. Area pelaminan juga adalah tempat yang paling terang di antara tempat lain di ruangan.

Semula, panitia mengumumkan kepada para tamu untuk tidak ada sesi salaman dengan pengantin. Namun, kebijakan berubah. Para tamu diminta berbaris secara tertib untuk bersalaman dengan Gibran dan Selvi beserta orang tuanya.

Baca: Pernikahan Gibran dan Selvi, Tamu Antusias Mengantre untuk Ucapkan Selamat

Ada dua penampilan sepanjang resepsi. Pertama, adalah aksi para penari Jawa dengan latar musik gamelan secara langsung lengkap dengan sindennya. Usai itu, ada band modern yang menyanyikan lagu-lagu cinta terkini.

Kedua mempelai dan keluarga selesai resepsi pukul 13.00 WIB. Selvi-Gibran menumpang kereta kencana ke kediaman Jokowi terlebih dahulu untuk mempersiapkan acara resepsi selanjutnya. Jokowi tampak hanya senyum-senyum saat melangkah keluar dari gedung.

Fabian Januarius Kuwado/Kompas.com

Penulis : nova.id

Tabloidnova.com, situs wanita paling lengkap yang menyajikan berita terkini seputar dunia wanita, busana, kecantikan, kuliner sedap, selebriti, kesehatan, profil, keluarga, karier, griya, zodiak horoskop secara inspriatif.