Gara-Gara Tak Ada Dokter Jaga, Ibu Hamil Ini Meninggal saat Hendak Bersalin

  • Selasa, 17 April 2018 19:45 WIB

Jenazah Ramayana boru Sidauruk (38) saat masih di RSU Sidikalang, Kabupaten Dairi, Minggu (15/4) | Kompas.com/Tigor Munthe

NOVA.id - Diduga akibat kelalaian pihak rumah sakit, seorang ibu hamil yang bernama Ramayana Sidauruk (38) meninggal pada Minggu (15/4) dalam keadaan mengandung.

Kejadian ini terjadi di Rumah Sakit Umum (RSU) Sidakalang, Kabupaten Dairi.

Ramayana yang berprofesi sebagai petani dalam kesehariannya itu diduga jadi korban akibat kelalaian pihak rumah sakit.

Baca juga: Di Ranjang Bersalin, Sang Ibu Kaget Bukan Kepalang Setelah Sang Anak Lahir...

Pasalnya, ketika Ramayana seharusnya sudah dipersiapkan untuk melahirkan, kala itu justru tak ada satu pun dokter yang berjaga untuk membantu dirinya melahirkan.

Hanya ditemani tiga orang perawat, istri dari Tulus Sihombing (40) itu harus menahan rasa sakit hingga akhirnya dirinya menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 22.00 WIB.

Bahkan, Ramayana sempat mengalami pendarahan hebat satu jam sebelum dirinya dinyatakan meninggal.

Baca juga: Heboh Jarum Suntik Sepanjang 3 Cm Tertinggal di Organ Vital Ibu Melahirkan, Begini Penjelasan Pihak Puskesmas

"Terjadilah blooding saat itu. Namun, dokter tetap tidak ada di ruang perawatan. Kemudian perawat meminta agar korban dibawa ke rumah sakit Kabanjahe, Kabupaten Karo, berjarak tempuh dua jam," ujar Kordes, salah satu kerabat Ramayana, dikutip dari Kompas.com.

Sayang, ketidaktersediaan ambulans saat itu juga jadi faktor melayangnya nyawa Ramayana.

Baca juga: Wajib Disimak, Minum Ayamnya Punya Manfaat Bagi Kita Sekeluarga

"Kami sangat kecewa dengan pihak rumah sakit. Luar biasa, masa seorang dokter tidak ada di rumah sakit untuk menangani korban. Padahal, korban awalnya sehat dan tidak pernah mengeluhkan sakit saat mau partus," ujar Kordes, dikutip dari Kompas.com. 

Lantaran itulah, pihak keluarga pasien merasa amat kecewa dan berencana meminta keadilan dengan cara mendesak Bupati Dairi dan Kepala RSU Sidikalang untuk bertanggungjawab. (*)

Reporter : Amanda Hanaria
Editor : Amanda Hanaria

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×