Gempa Mengguncang Wilayah DKI Jakarta Hari Ini, Ternyata Ini Bukan yang Pertama, Lihat Catatan Sejarahnya!

  • Selasa, 23 Januari 2018 16:45 WIB

Ilustrasi | istock

NOVA.id - Sekitar pukul 13.34 WIB siang ini tadi (23/1) wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya hingga Banten diguncang gempa.

Gempa berkekuatan 6,4 SR itu pun sempat membuat panik seluruh pekerja kantoran yang berada di dalam gedung tinggi maupun orang-orang yang tengah beraktivitas lainnya.

Melansir dari akun resmi twitter BMKG, pusat lokasi gempa berada di 7.21 LS,105.91 BT (81 kilometer Barat Daya Lebak Banten).

Adapun kedalaman pusat gempa 10 Km.

Baca juga: Ditanya Soal Kabar Pernikahan Angel Lelga-Vicky, Komentar Rhoma Irama Justru Bikin Geleng-Geleng Kepala

Namun, ternyata gempa yang terjadi dan melanda kawasan Jakarta pada awal tahun 2018 ini bukanlah yang pertama.

Melansir dari arsip BMKG di laman www.bmkg.go.id, gempa di Jakarta tahun 2018 ini merupakan gempa yang keenam sepanjang sejarah catatan gempa di Indonesia.

Melalui salah satu tulisan dari staf BMKG, Daryono Sucipto, ia mengatakan bahwa Kota Jakarta pernah luluh lantak akibat gempa bumi jika Willard A Hanna tidak mengungkapnya dalam buku karyanya yang berjudul "Hikayat Jakarta".

Baca juga: Sempat Bikin Heboh Warga, Identitas Mayat Perempuan Misterius Ini Akhirnya Terungkap!

Dalam buku ini ia bercerita bahwa citra Jakarta yang dijuluki Ratu Timur menjadi pudar setelah mengalami gempa bumi yang bukan main dahsyatnya.

Gempa bumi yang disertai dengan letusan-letusan gunung api dan hujan abu yang tebal itu terjadi pada malam hari tanggal 4 dan 5 November 1699.

Reporter : Healza Kurnia Hendiastutjik
Uploader : Healza Kurnia Hendiastutjik

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×