Indari Mastuti: Semua Ibu Rumah Tangga Bisa Menulis (2)

  • Jumat, 22 April 2011 00:07 WIB

Bagaimana mengkoordinasikan penulis sebanyak itu?

Penulis-penulis yang ada di dalam Indscript tidak semuanya dari Bandung, lho. Bahkan ada yang berdomisili di Jerman, Korea, dan Australia. Setiap saat saya harus online agar lebih mudah memantau. Saya juga sering melakukan pelatihan penulisan secara online, seperti yang baru saja diminta oleh ibu-ibu yang berdomisili di Korea.

Hingga kini, saya sudah membuat kursus menulis offline sebanyak empat gelombang, dan kursus menulis online sebanyak sembilan gelombang.

Lalu, cara menyeimbangkan peran sebagai ibu rumah tangga dengan kegiatan Indscript?

Karena kebanyakan penulis di Indscript adalah sesama ibu-ibu rumah tangga, maka suasana di Indscript sangat kekeluargaan. Rutinitas saya sebagai seorang ibu sama sekali tidak terganggu, bahkan banyak penerbit sudah memahami itu. Kalau ada meeting dengan penerbit, saya kadang mengajak anak juga.

Ada cerita menarik ketika mengajak ibu-ibu rumah tangga untuk rajin menulis?

Kebetulan ini terjadi pada mertua saya. Beliau memiliki pengalaman berbisnis catering dan pintar memasak. Akhirnya saya ajak beliau menulis buku resep.

Hingga sekarang beliau sudah menghasilkan lebih dari 30 buku resep, lho. Ini membuktikan, semua ibu rumah tangga pasti bisa menulis. Tergantung latar pendidikan dan ketertarikannya, semua pasti bisa.

Buku apa yang paling banyak diterbitkan Indscript?

Semua buku ada. Saat ini banyak permintaan buku mengenai arsitektur, tetapi buku bisnis dan buku panduan memang lebih banyak diterbitkan. Tergantung permintaan penerbit juga, sih.

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×