Inilah Tradisi Perayaan Hari Ibu di 5 Negara

  • Senin, 22 Desember 2014 18:24 WIB

TabloidNova.com - Di Indonesia, hari ibu ditetapkan setiap tanggal 22 Desember berdasarkan keputusan Presiden Sukarno pada tahun 1959. Sebab, saat itulah kali pertama diadakannya kongres Perempuan Indonesia yang berlangsung pada 22 hingga 25 Desember 1928 di Yogyakarta dan dihadiri oleh aktivis perempuan dari Jawa dan Sumatera.

Umumnya, hari ibu di Indonesia dirayakan dengan cara memberikan kado terindah dari anak-anak pada ibu mereka. Kado ini pun hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari bunga, foto, pelukan dan ciuman, makan malam, dan sebagainya.

Apakah di setiap negara di dunia juga merayakannya dengan cara serupa? Berikut uraiannya!
1. Inggris
Faktanya, Inggris adalah negara pertama di dunia yang mendedikasikan hari ibu pada awal tahun 1600-an. Tradisi unik yang dilakukan untuk merayakan hari ibu di Inggris adalah membuat kue almon yang populer disebut dengan istilah simnel cake. Namum tradisi tersebut mulai bergeser karena orang-orang lebih memilih memberikan bunga, kartu, atau hadiah lainnya pada Ibu mereka. 
2. Jepang
Hari ibu di Jepang di simbolkan dengan bunga anyelir yang melambangkan kekuatan dan kelembutan seorang Ibu. Saat hari ibu tiba, anak-anak di Negeri Sakura ini akan menggambar foto ibu mereka di sekolah sebagai bagian dari kontes seni. Selain itu, anak-anak juga akan memberikan bunga anyelir merah serta kartu ucapan untuk Ibu mereka masing-masing. 
3. Australia
Hampir sama dengan Jepang, warga Autralia merayakan hari ibu dengan memberikan hadiah berupa bunga khusus, yakni bunga krisan. Lalu, orang Autralia juga akan menghadiahi bibi dan nenek saat hari ibu.
4. Ethiophia
Hari ibu di Ethiophia dirayakan dengan pesta besar-besaran. Biasanya anak perempuan akan membawa sayuran, mentega, keju, dan bumbu sedangkan anak laki-laki membawa berbagai macam daging seperti daging domba atau banteng. Lalu, saat malam tiba, semua keluarga berkumpul untuk bersantap dan menari bersama-sama dengan para ibu menjadi bintang utama. 
5. India
Di India, hari ibu dimaknai dengan mengenang segala jasa ibu dalam kehidupan seorang anak, baik dalam keadaan sulit maupun senang. Seluruh warga akan merayakan hari ibu dengan berbagai acara besar yang diselenggarakan di tengah kota, promo dari restoran, dan program spesial dari media lokal. Diperkirakan dalam beberapa tahun mendatang, hari ibu di India akan menjadi festival nasional.

Kompas.com/Silvita Agmasari

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

Tags :

#hari ibu

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×