Keren! Kini Halte Transjakarta Punya 'Smart Toilet', Begini Wujudnya

  • Selasa, 10 Oktober 2017 15:45 WIB

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meresmikan smart toilet di Halte Monas, Jakarta Pusat, Senin (9/10) | Kompas.com/Nursita Sari

NOVA.id - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meresmikan smart toilet di Halte Transjakarta Monas, Jakarta Pusat, Senin (9/10). Saat ini, ada dua halte yang telah memiliki smart toilet, yakni Halte Monas dan Halte Balai Kota.

Toilet itu disebut smart toilet karena dilengkapi dengan beberapa kontrol otomatis.

Djarot mengatakan, smart toilet merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan transportasi publik yang berstandar internasional.

Baca juga: Ini Dia "Transjakarta Cares" untuk Penyandang Disabilitas

"Saya menyambut gembira dengan smart toilet ini, sangat bagus. Saya minta seluruh halte-halte yang sibuk, yang banyak sekali penumpangnya, itu kasih smart toilet," kata Djarot di Halte Monas.

Menurut Djarot, saat ini ada 77 halte transjakarta yang telah dilengkapi toilet, tetapi bukan smart toilet.

Djarot berharap semua toilet itu nantinya akan diganti menjadi smart toilet.

undefined
Wastafel otomatis dan tempat tisu di dalam smart toilet yang ada di Halte Monas, Senin (9/10)/Kompas.com/Nursita Sari

Direktur Utama PD PAL Jaya Subekti di tempat yang sama menyatakan, smart toilet rencananya akan dipasang di 33 halte transjakarta.

"Smart di sini maksudnya kami kontrol dengan otomatis. Masuknya dengan tapping sama dengan tapping transjakarta, di dalamnya ada indokator gerak," kata Subekti.

Masih menurut Subekti, indikator gerak itu berfungsi untuk memastikan ada tidaknya orang yang sedang menggunakan toilet dan akan terlihat dari luar.

Reporter : Amanda Hanaria
Editor : Amanda Hanaria

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×