Luar Biasa, Gadis Belia Ini Tempuh Bantul-Yogyakarta dengan Sepeda demi Sekolah

Reporter : Uda Deddy Adrian
Editor : Uda Deddy Adrian

Okti Sulistiani Sari (16) bersama sepeda yang menemaninya berangkat dan pulang sekolah | Wijaya Kusuma

Luar Biasa, Gadis Belia Ini Tempuh Bantul-Yogyakarta dengan Sepeda demi Sekolah

Siswa berprestasi

Okti juga hobi olahraga sama dengan pelajar lainnya. Namun, sifatnya yang ramah membuat orang lain bakal tak menyangka bahwa anak pertama pasangan Irwan dan Ari Tri Winarti ini adalah atlet karate.

Bahkan Okti berhasil menorehkan prestasi dari bela diri yang digelutinya sejak di MTs ini. Okti berhasil meraih juara 3 Karate tingkat DIY dan juara harapan 1 Karate tingkat Jawa-Bali.

"Saya ikut Karate Kyokushin saat di MTs, sering ikut kejuaraan dan Alhamdulilah beberapa kali juara. Terakhir juara harapan 1 Jawa-Bali," tuturnya.

Selain di bidang olah raga bela diri, Okti juga mengukir prestasi di bidang akademis. Dia berhasil meraih juara 3 pidato Bahasa Inggris tingkat DIY, Juara 2 pidato Bahasa Arab tingkat DIY, dan Juara 2 LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) tingkat DIY.

"Kuncinya kerja keras, belajar yang rajin, keterbatasan bukan halangan. Ke depan saya akan kerja keras lagi untuk lebih baik," tandasnya.

Singgih Sampurno, Waka Kesiswaan MAN 1 Yogyakarta mengatakan, Okti merupakan siswa yang sederhana. Namun di balik kesederhanaannya itu, dia menorehkan berbagai prestasi.

"Sederhana, baik, dan berprestasi. Di kelas, (Okti adalah) siswa yang aktif dan nilainya baik," ujarnya.

Okti yang memilih menggunakan sepeda ke sekolah, lanjutnya, bisa menjadi contoh bagi pelajar lain karena saat ini, Yogyakarta sudah mulai macet.

Menurut dia, di MAN 1 Kota Yogyakarta, ada sekitar 60 Siswa yang berangkat ke sekolah dengan menggunakan sepeda. Namun jarak yang ditempuh Okti lebih jauh dibandingkan siswa lainnya.

Setiap tahun, lanjut Singgih, pihak sekolah selalu memberikan bantuan sepeda kepada para siswa yang tidak mampu. Tahun ini, Okti yang terpilih untuk mendapatkan bantuan sepeda dari sekolah.

"Setiap tahun sekolah memberikan bantuan sepeda. Kemarin Okti disuruh memilih sendiri sepeda yang diinginkan," pungkasnya.

Wijaya Kusuma / Kompas.com

Tags :

#sepeda #sekolah

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×