Inspiratif! Kisah 4 Selebgram Gemuk: Dulu Di-"Bully" Kini Makin Percaya Diri

Reporter : Ade Ryani HMK
Editor : Ade Ryani HMK

Diejek Bertubuh Gemuk, Intan Kemalasari Balas dengan Motivasi

Diejek Bertubuh Gemuk, Intan Kemalasari Balas dengan Motivasi

Di kalangan plus size, nama Intan Kemalasari sudah terkenal sebagai selebgram.

Intan tidak takut memperlihatkan foto-foto seluruh tubuh besarnya dalam akun instagram. Hal yang mungkin jarang terjadi dilakukan oleh para pemilik tubuh plus size lainnya. Karena bagi Intan, memiliki tubuh besar bukan menjadi halangan untuk tampil cantik dan percaya diri.

Kendati demikian, perjalanan Intan memiliki kepercayaan diri seperti sekarang ini, tidak bisa dibilang mulus. Perempuan berhijab ini mengaku bullying termasuk salah satu hal yang biasa dihadapi olehnya sejak masih kecil.

Masa-masa SD merupakan masa yang paling tidak menyenangkan buat Intan, lantaran seringnya di-bully karena berbadan besar.

“Mereka suka sekali mengeluarkan kata-kata kasar seperti bedug mushala, gajah bengkak, atau apalah. Kesal, sih, pastinya, tapi bukan kesal ke diri sendiri, tapi kesal sama mereka yang tidak bisa menjaga mulutnya. Jadi sejak kecil aku sudah terbiasa mendengar hal-hal seperti itu bahkan mungkin sampai sekarang pun masih meski tidak secara langsung. Maksudnya, kalau di kehidupan nyata memang sudah tidak banyak, tapi di media sosial seperti Instagram itu masih banyak, sih. Cuma sekarang lebih bodo amat, karena belum tentu mereka juga lebih baik dari aku,” ungkap Intan saat ditemui secara khusus di kawasan Buncit beberapa waktu lalu.

Baca: Peduli Kesehatan, Riezki Aisah Kenalkan Yoga untuk Si Big Size

Sebelum menjadi selebgram, Intan hanyalah seorang perempuan biasa yang gemar memposting foto apa yang ia suka. Pekekerjaannya sebagai jurnalis fashion and beauty, juga membuatnya sering mengunggah foto-foto yang berkaitan dengan makeup dan kecantikan.

“Baru di 2015 aku mulai iseng foto full body dan di-posting. Aku suka random saja, sih, kalau posting, entah lagi di jalan atau di mana terus ditambah dengan caption yang memberikan motivasi. Sama sekali enggak ada niat buat bisa menjadi seperti sekarang ini,” ujar Intan yang masih melihat kalimat-kalimat bullying di kolom komentar di foto yang ia unggah.

“Kalau ada yang bully aku diemin aja, sih, komennya enggak aku hapus dan enggak aku block juga. Biarin saja.”

Baca: Inspiratif! Kisah 4 Selebgram Gemuk: Dulu Di-"Bully" Kini Makin Percaya Diri

Namun, di luar hal-hal negatif itu, ternyata postingan-postingan Intan dengan caption-caption yang positif membuat banyak orang di luar sana, terutama pemilik tubuh plus size, menyukainya.

Mereka merasa termotivasi dengan Intan yang memiliki kepercayaan diri, maka tak heran jumlah followers di akun instagramnya terus bertambah. Tak hanya itu,  Intan juga mengaku seringkali mendapat pertanyaan tentang tips percaya diri atau fashion untuk pemilik tubuh plus size.

“Kadang dalam sehari pertanyaan itu bisa datang sebanyak 6-7. Mungkin enggak bisa aku jawab satu persatu semuanya. Akhirnya aku buat semacam video di Youtube untuk menjawab semua pertanyaan yang seringkali mereka lontarkan,” ungkap Intan yang kini mulai banyak di-endorse juga oleh online shop plus size.

Saat disinggung apa arti cantik untuk Intan? Ia pun tersenyum.

Baginya, cantik itu adalah kondisi dimana seseorang bisa menjadi dirinya sendiri tanpa harus memaksakan untuk mengikuti gaya siapapun juga.

“Karena orang akan bilang kamu cantik kalau kamu bisa jadi diri sendiri. Mungkin dulu aku akui, aku susah untuk berdamai dengan diri sendiri. Aku selalu bertanya-tanya kenapa aku gendut? Tapi, berjalannya waktu akhirnya aku berdamai, dan itu membuat aku percaya diri. Kuncinya cuma satu, sayang sama diri kita dulu, lalu berpikir positif. Karena kalau kita positif dan bahagia, rasa percaya diri itu akan muncul. Otomatis kita akan terlihat lebih cantik.”

Caroline Pramantie/Tabloid NOVA

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×