Inspiratif! Kisah 4 Selebgram Gemuk: Dulu Di-"Bully" Kini Makin Percaya Diri

Reporter : Ade Ryani HMK
Editor : Ade Ryani HMK

Lambung Rusak karena Obat Pelangsing, Kini Aditira Hanim Jadi Selebgram Modis

Lambung Rusak karena Obat Pelangsing, Kini Aditira Hanim Jadi Selebgram Modis

Memiliki tubuh berukuran big size tak menghalangi Aditira Hanim untuk tampil cantik dan percaya diri. Di akun instagramnya, @Tiraemon, Tira terlihat sering berfoto OOTD (Outfit of The Day) yang menampilkan dirinya dalam balutan pakaian yang fashionable.

Tak jarang followers-nya pun mengagumi sosok Tira yang membuktikan bahwa bertubuh gemuk bukan berarti tak bisa tampil cantik.

“Aku pakai baju, ya, pakai aja, enggak pengin menginspirasi, gitu. Ya sudah, pakai-pakai baju aja. Awalnya kesel banyak yang ngikutin, gitu, kan. Terus aku kayak, ih, ada followers, kayaknya dia ngikutin style aku, deh. Tapi, lama-lama ternyata mereka ngikutin aku, tapi sambil ngomong yang positif ke aku, ‘Kak Tira cantik, aku suka sama Kak Tira.’ Aku mikir lagi, oh, mungkin cara cinta mereka, tuh, kayak gini. Terus orang sekitarku, sahabat, pacar, dan keluargaku bilang, ‘Itu mereka terinspirasi sama kamu, lo,’” cerita Tira ceria.

Baca: Diejek Bertubuh Gemuk, Intan Kemalasari Balas dengan Motivasi

Ia kini merasa senang, karena dirinya bisa membantu banyak orang melalui foto-fotonya di Instagram. “Aku merasa senang, karena mereka ada semangat lagi dari aku. Jadi semangat yang aku pacu buat diriku ternyata menular ke mereka,” tutur perempuan yang memiliki bobot lebih dari 100 kg itu.

Tira yang lebih dulu aktif di media sosial Ask.fm ini mengaku sering mendapat komentar atau pesan yang isinya meminta saran dan masukan dalam hal padu-padan pakaian bagi mereka yang bertubuh big size. Tak sedikit pula yang sering menanyakan nama toko yang menjual pakaian-pakaian yang dikenakan Tira.

Kini Tira pun menerima endorsement dari banyak online shop khusus untuk yang bertubuh big size.

Meski selalu tampil percaya diri, ternyata Tira juga pernah merasa tak percaya diri akan bentuk tubuhnya. Ia sering diejek dan di-bully oleh teman-temannya di masa sekolah, karena bertubuh big size.

“Tiap aku masuk ke lingkungan baru, mental aku sudah dipersiapkan. Oke, bully-an apalagi yang akan gue dapat? Aku harus siap.”

Beranjak remaja, Tira tak juga lepas dari bully. Lantaran stres dan sakit hati, Tira sepat menjalani diet dengan mengonsumsi berbagai obat pelangsing. Ukuran celana Tira pun sempat menyusut drastis hingga nomor 31-32.

“Iya, aku minum (obat pelangsing), tapi tidak diimbangi dengan diet dan olahraga yang tepat, sampai pada akhirnya aku harus sakit, benar-benar sakit. Ternyata lambung aku rusak gara-gara obat diet itu. Dokter bilang, ‘Stop, kamu udah enggak boleh minum suplemen diet lagi. Kalau mau kamu olahraga, jaga pola makan, sudah.’ Dari situ aku mulai mikir, harus kayak gimana lagi? Depresi banget.”

Baca: Peduli Kesehatan, Riezki Aisah Kenalkan Yoga untuk Si Big Size

Setelah berhasil melalui masa-masa sulit, kini Tira merasa lebih menghargai dan mencintai diri sendiri dengan memilih jalan hidup untuk berdamai dengan kenyataan dan bersyukur atas semua yang ia miliki. Meski saat ini pun masih ada orang-orang yang menghinanya di media sosial, Tira memilih untuk tak ambil pusing.

“Teman-temanku bilang, ‘Kan, enggak semua orang harus suka sama lo, Tir’. Aku pikir benar juga. Udah begitu, ya, aku lebih mengurus orang yang sayang sama aku dan terinspirasi sama aku. Kalau sekarang ada yang hate comment di Instagram, paling aku hapus aja. Mereka ngomongin kita, tapi mereka enggak dapat apa-apa, sementara kita terus berkarya.”

“Jadi cantik itu enggak perlu kurus. Aku pengin merubah mindset masyarakat yang udah di-setting sama media kalau cantik itu putih, tinggi, kurus, rambut panjang. Mereka selalu beranggapan gendut itu sakit yang harus diobatin. Kita bisa, kok, olahraga dan sehat. Aku pengin ngebuktiin kalau yang obesitas, yang gendut itu pun bisa berkarya dengan tubuhnya.”

Wida Citra Dewi/Tabloid NOVA

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×