Pentingnya Anak Berkebutuhan Khusus Bermain di Luar Ruang

  • Rabu, 22 April 2015 09:35 WIB

Tabloidnova.com - Dalam rangka ikut memperingati Hari Autis Sedunia yang jatuh pada 2 April lalu, Kampoeng Maen, produk dari PT Caldera Indonesia yang berkonsentrasi pada pendidikan anak dan mengajak anak bermain di alam, pada akhir pekan lalu mengadakan acara CSR bertajuk "Autism Day".

Autism Day diadakan melalui acara bermain bersama anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) termasuk autis, sekaligus berbagi bersama orangtua dengan menghadirkan pembicara Muhammad Arifin MPsi, psikolog dan praktisi untuk anak-anak spesial.

Seusai sesi sharing, para orangtua bergabung bersama anak-anak mereka, bermain petualangan seperti flying fox, spiderweb, dan sebagainya. Anak-anak pun terlihat sangat menikmati aktivitas di luar ruang dan bermain petualangan bersama teman-teman dan orangtuanya.

Permainan semacam ini sangat membantu anak dalam melatih kesabaran, gerak motorik, dan keberanian.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri para orangtua bahwa anak berkebutuhan khusus juga memiliki keinginan untuk beraktivitas di luar ruang bersama teman-temannya kendati dengan cara berkomunikasi yang berbeda. Juga, untuk meningkatkan intensitas kebersamaan antara orangtua dan anak.

Dengan sesi sharing dan bermain ini, diharapkan orangtua dapat lebih terinspirasi dalam mengedukasi anak-anak berkebutuhan khusus. Games yang disajikan di Kampoeng Maen pun dapat diaplikasikan di rumah, agar anak bisa dengan mudah terus bermain sambil belajar.

Intan Y. Septiani
FOTO: DOK. PT CALDERA INDONESIA-KAMPOENG MAEN

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×