PT Kalbe Farma Tbk dan Genexine Inc Korsel Jalin Kerjasama untuk Hasilkan Obat dan Bahan Baku Paten Bioteknologi

  • Rabu, 13 September 2017 17:49 WIB

PT Kalbe Farma Tbk dan Genexine Inc Korsel Jalin Kerjasama untuk Hasilkan Obat dan Bahan Baku Paten Bioteknologi | istock

\NOVA.id – Mendukung program Nawacita pemerintah di bidang Industri farmasi dan alat kesehatan, PT Kalbe Farma Tbk mengadakan kerjasama dengan perusahaan penelitian dan pengembangan obat biologi inovatif asal Korea Selatan, Genexine Inc dinyatakan dengan mendirikan perusahaan, PT Kalbe Genexine Biologics (KGBio).

KGbio akan melakukan riset pengembangan obat biologi inovatif terbaru yang dipatenkan, yang nantinya diproduksi di Indonesia dan dipasarkan ke luar negeri, seperti negara-negara ASEAN, Timur Tengah, Taiwan, dan Australia.

Selain itu, melalui anak perusahaan, PT Kalbio Global Medika, PT Kalbe Farma Tbk membangun pabrik obat  termasuk bahan baku obat biologi yang terletak di Delta Silikon 3, Cikarang.

(Baca juga : Muncul Bintik Merah di Area Kewanitaan? Jangan Abaikan, Ternyata Ini Penyebabnya)

“Kerjasama dengan Genexine Inc dan pembangunan pabrik obat Biologi merupakan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesehatan bagi masyarakat dan mendukung program pemerintah, kemandirian Industri Farmasi dan Alat Kesehatan 2025. Genexine asal Korea Selatan dipilih  selain karena mereka telah menghasilkan produk obat biologi terbaru, yang terpenting mereka mau melakukan alih teknologi”, ujar Vidjongtius, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk.

Pabrik yang dibangun PT Kalbio Global Medika, memiliki keunggulan fasilitas teknologi terkini dan berstandar International, sistem jaminan kualitas, serta ramah lingkungan.

PT Kalbio Global Medika  melakukan  pelatihan selama satu tahun kepada karyawan bekerja sama dengan i3L (Indonesia International Institute for Life Science) sebelum mereka dapat bekerja di fasilitas produksi  dan pengawasan kualitas.

(Baca juga : Wow! Laudya Cynthia Bella Unggah Detik-detik Pernikahannya, Ini yang Terjadi)

Sedangkan PT Kalbe Genexine Biologics akan melakukan uji klinis dan komersialisasi next generation recombinant proteins.

“Pada tahap awal, karyawan PT Kalbio Global Medika memiliki karyawan 130 orang sarjana strata 1 dan 2 dari jurusan farmasi, kimia dan biotek untuk dididik selama satu tahun atas biaya PT Kalbio  Global Medika, untuk berikutnya kita rekrut 30 orang lagi dan saat ini kami sudah memiliki program pelatihan untuk proses produksi obat biologi” ujar Sie Djohan, Direktur PT Kalbe Farma Tbk.

Reporter : Dionysia Mayang
Editor : Way

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×