Sambung Literasi ke Timur Indonesia, Kompas Gramedia dan PPI Australia Dukung Program #AkuBaca

  • Kamis, 12 April 2018 18:00 WIB

Anak-anak penerima Buku Bergerak di TBM J-Ruk Sumba | KG

NOVA.id – Kompas Gramedia melalui program CSR #AkuBaca mendukung program IMPACT (Improving Papua and East Nusa Tenggara’s Education) yang diinisiasi oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA).

Bentuk dukungan #AkuBaca KG direalisasikan melalui donasi paket Buku Bergerak untuk lima Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Papua.

Sejumlah paket buku yang terdiri atas buku pendidikan, bacaan anak, serta kamus telah diterima pada April 2018 oleh TBM Kitong Bisa Learning Centre Jayapura, Rumah Baca Faimbari House, Kitong Bisa Learning Centre Yapen, Jaringan Relawan untuk Kemanusiaan Sumba, dan Rumah Baca Omikang NTT. 

(Baca juga: Jangan Sampai Timbul Jerawat, Ini 4 Langkah Penting Bersihkan Sisa Riasan di Wajah)

undefined
Tim Inti IMPACT
Pemilihan daerah NTT dan Papua sebagai sasaran program IMPACT dilatarbelakangi oleh sejumlah fakta, di antaranya Peraturan Presiden No. 131 Tahun 2015 yang menyatakan 18 kabupaten di NTT dan 16 kabupaten di Papua masuk ke dalam daftar daerah tertinggal tahun 2015-2019. 

Program IMPACT oleh PPIA meyakini bahwa pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam pembangunan bangsa untuk memutus rantai kemiskinan dan mempersiapkan bibit unggul bagi generasi masa depan.

Gerakan literasi yang membuka akses terhadap buku dapat menjadi gerbang awal pendidikan.

(Baca juga: Agar Terbebas dari Radikal Bebas, Yuk Konsumsi 5 Makanan yang Mengandung Antioksidan Ini, Nomor 1 Enak loh!)

“Sebagai pelajar, kami sadar pendidikan merupakan kunci utama untuk pembangunan Indonesia. Oleh karena itu, PPIA menghimpun seluruh pelajar Indonesia di Australia untuk turut berpartisipasi memajukan Tanah Air di mana mereka berasal”, tutur Charity Manager of Indonesian Student Association of Australia (PPI Australia), Herfi Qurrota Hanina.

Melihat adanya satu nafas antara latar belakang program IMPACT dengan visi misi Kompas Gramedia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, maka program #AkuBaca dipilih sebagai jembatan yang tepat untuk menyatukan keduanya.

Reporter : Dionysia Mayang
Editor : Dionysia Mayang

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×