Sisa Cuti Habis? Liburan Murah Ala One Day Trip Saja...

  • Minggu, 30 April 2017 08:45 WIB

Liburan penting dilakukan untuk quality time keluarga. Jika sisa cuti habis tapi ingin liburan hemat, coba saja one day trip

Akhir pekan begitu cepat berlalu, tidur pun menjadi cara Anda mengisi waktu libur. Padahal, tubuh dan pikiran juga butuh penyegaran di luar rutinitas yang Anda jalani sehari-hari. 

Tak jarang, suami-istri yang berkutat dengan kesibukan masing-masing sering lupa akan arti refreshing. Padahal, berlibur sejenak meski tak perlu jauh-jauh penting, lo, untuk meningkatkan kualitas hubungan dalam keluarga, termasuk dengan anak-anak.

Tapi, bagaimana jika budgetnya tak ada? Atau justru waktunya yang sempit karena sisa cuti Anda atau suami sudah habis? 

Solusinya, coba saja liburan ala one day trip. Pilih destinasi yang tak terlalu jauh dari kota tempat Anda tinggal sehingga tak perlu durasi lama untuk berlibur di sana. 

Liburan singkat ini biasanya berlangsung seharian dan tanpa menginap. Cocok untuk Anda sekeluarga yang ingin menghabiskan hari libur di akhir pekan atau tanggal merah (libur nasional) tanpa perlu budget banyak.

Baca: Tren Solo Traveling untuk Muslimah, Ketahui 3 Tips Berikut

Apa saja sih keuntungan one day trip?

- Bisa dilakukan kapan saja

Perjalanan satu hari ini bisa dilakukan kapanpun misalnya saat weekend karena tidak membutuhkan waktu yang panjang. Baik direncanakan maupun mendadak akan mudah dilaksanakan mengingat waktu yang dipergunakan hanya satu hari.

Hemat waktu

Metode berlibur seperti ini sangat menghemat waktu. Satu hari digunakan untuk menjelajah banyak tempat sehingga tidak membuang banyak waktu di satu tempat.

Sebab yang sering terjadi jika kita sedang berlibur adalah kita menghabiskan waktu sepuasnya hanya di 1-2 lokasi dan menyisakan tujuan lainnya di hari esok. Berbeda dengan one day trip yang dengan perhitungan menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk berkeliling ke berbagai tempat.

Hemat uang

Liburan one day trip tidak merogoh kocek terlalu dalam karena tidak menyisihkan dana untuk penginapan yang notabene memakan dana cukup besar jika sedang berlibur. Anggaplah bahwa one day trip ini hanya sekadar jalan-jalan melepas penat, bukan liburan. Anda pun tak perlu menyiapkan budget khusus.

Perjalanan singkat ini bisa dilakukan di lokasi wisata yang dekat dengan daerah tempat tinggal Anda. Karena waktu yang terbatas, Anda dan keluarga bisa mulai menjelajahi lokasi terdekat dari rumah Anda yang barangkali selama ini belum pernah dieksplor.

Agar one day trip berlangsung menyenangkan?

Jika tak mau ribet mengurus satu per satu persiapan liburan, sebaiknya Anda menggunakan jasa agen operator atau trip organizer untuk membeli paket one day trip yang mereka jual. Sekarang ini sudah banyak situs traveling dan jasa serupa yang disediakan di banyak akun di sosial media.

Agen perjalanan biasanya akan memasang berapa budget yang perlu Anda keluarkan untuk perjalanan tersebut berikut destinasi yang diinginkan. Juga terdapat minimal peserta di setiap perjalanan.

Baca: Komunitas "One Day Traveling", Jelajah Satu Kota dalam Sehari

Menggunakan agen juga lebih memudahkan Anda dan keluarga dalam melakukan one day trip karena semua sudah terorganisir dengan baik sehingga Anda tidak perlu repot mencari tempat yang harus dikunjungi dalam waktu satu hari tersebut. 

 

Contoh, apabila Anda dan keluarga ingin melakukan one day trip ke Pulau Seribu, agen akan menawarkan harga yang pas dengan paket yang disediakan seperti snorkeling, jelajah pulau di sekitaran pulau Harapan seperti pulau Perak dan pulau Macan serta jumlah minimal pesertanya.

Anda hanya cukup duduk manis, berfoto sambil menikmati pemandangan di lokasi yang indah.

Yang juga penting diketahui, agen perjalanan untuk satu hari ini berbeda dengan agen perjalanan liburan lain. Agen one day trip cenderung lebih murah karena terbebas dari biaya penginapan dan menawarkan destinasi yang lebih sedikit karena waktu yang terbatas.

Jadi, pilihlah paket agen perjalanan yang all in atau semua sudah tersedia dalam paket, seperti destinasi, fasilitas yang didapat, serta makan selama satu hari.

Dengan begitu meski durasinya singkat, liburan ala one day trip Anda sekeluarga akan berlangsung nyaman dan maksimal. Nah, selamat berlibur!

Rizky Aulia D./NOVA

Reporter : nova.id
Editor : Ade Ryani HMK

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×