Anazkia, Mantan TKW yang Ajarkan Para TKW Melek Internet

  • Jumat, 6 Maret 2015 14:49 WIB

Anazkia

""

komunitas blogger

"Bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam salah satu acara komunitas Blogger Hibah Sejuta Buku. (Foto: Dok Pri) "

Anazkia, begitu ia memperkenalkan dirinya di blog. Biasa disapa Anaz, perempuan kelahiran Pemalang, 13 Agustus 1982 ini menunjukkan kegembiraannya saat terpilih menjadi salah satu pemenang Perempuan Inspiratif NOVA 2014 dalam kategori Perempuan dan Teknologi.

Anaz mengaku tak betah diam. Sekarang, ia kerja paruh waktu mengasuh anak temannya selain menjadi relawan di sejumlah komunitas. Kegiatan Anaz memang tak jauh-jauh dari urusan berbagi.

Itu semua berawal di tahun 2006 saat ia akan berangkat ke Malaysia sebagai TKW (Tenaga Kerja Wanita). Anaz merasa perlu mencari pekerjaan yang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Berusaha mandiri, ia pun melamar jadi TKW melalui teman calon majikannya.

Tentu saja keinginannya mendapat tentangan dari keluarga. Berulang kali membujuk, akhirnya Sang Bunda mengizinkan Anaz merantau, "Sebelum berangkat, saya bilang ke ibu, 'Bu, kalau saya pulang tinggal nama, mohon ikhlaskan saya'. Saat itu, saya nekat juga jadi TKW walaupun sebenarnya takut karena akan tinggal di tempat asing."

Lantaran khawatir pula, "Sebelum berangkat ke Malaysia, saya minta salah seorang teman mengajari saya cara menggunakan e-mail. Saat itu stigma negatif tentang Malaysia membuat saya mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk bisa menggunakan internet. Saya pikir kalau ada apa-apa, saya bisa langsung kasih kabar ke teman yang seorang wartawan," pikir Anaz.

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×