Imajinasi Memasak Haryo Pramoe

  • Jumat, 1 November 2013 19:18 WIB

haryopramoe nove

"Foto: Nove "

Bagi Haryo tak perlu memakai resep atau ukuran saat mulai memasak. "Jangan terlalu serius, deh, saat masak. Lakukan dengan percaya diri, keberanian, rasa cinta, hasilnya pasti akan memengaruhi masakannya. Dilakukan sepenuh hati, masakannya pasti enak," papar Haryo.

Namun, yang paling penting, lanjut Haryo, kenali dulu segala bahan dan perlengkapan memasak. "Mulai dari api yang akan dipakai, sifat dari bahan-bahannya seperti sayur atau bumbunya . Begitu akrab dengan semua itu, masak pun menjadi sesuatu hal yang menyenangkan," tandas Haryo yang juga membuka kelas masak buat anak-anak.

Mengajarkan anak memasak berarti anak akan tahu apa saja yang masuk ke dalam tubuh mereka. "Anak-anak itu harus diajak bermain. Kasih saja tepung, air, telur, ayam, biarkan mereka bermain dengan adonan itu. Bebaskan mereka  memegang dan meremasnya," kata Haryo yang ingin mendirikan Indonesian Cooking School.

Keahlian memasak Haryo didapat dari Sang Ibu yang gemar memasak. "Ibu saya senang memasak dan mengumpulkan resep. Sekarang semua resep ibu jatuh ke tangan saya. Bagaimana saya tahu kalau masakan itu lezat, tahunya, ya, dari ibu saya. "

Makanya Haryo menandaskan jangan melupakan makanan rumah. "Karena segala sesuatu itu dimulai dari rumah, di rumah anak memperoleh kelembutan dan kepekaan sosial . Jangan sampai budaya makan di rumah hilang hingga keharmonisan keluarga pun ikut hilang." 

Nove 

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×