Ide Kue Ulang Tahun: Lapis Surabaya Krim Marmalade

  • Kamis, 15 Desember 2016 10:00 WIB

Ide Kue Ulang Tahun: Lapis Surabaya Krim Marmalade | Agus Dwianto/NOVA

Anda pasti sudah mengenal kelezatan kue lapis Surabaya yang begitu melegenda? Nikmatnya kue dua warna yang ditengahnya biasa dilapisi selai stroberi atau bluberi tersebut juga dapat menjadi inspirasi ide kue ulang tahun lainnya selain black forest.

Nah, sekarang ini krim marmalade yang manis nan menggoda sengaja dipilih oleh tabloidnova.com untuk menghias kue lapis Surabaya yang super nikmat tersebut.

Bahan membuat kue lapis Surabaya krim marmalade:
250 g mentega tawar
2 sdm susu kental manis putih
200 g gula pasir
24 bh kuning telur ayam
20 g cokelat bubuk, ayak
Bahan Kering, Ayak:
40 g tepung terigu serbaguna
20 g tepung maizena
30 g susu bubuk
Krim Marmalade, Aduk Rata:
100 g krim kocok
75 g selai marmalade
Hiasan:
Fondant putih
Fondant merah
Hiasan gula warna-warni

Cara membuat kue lapis Surabaya krim marmalade:
1.    Kocok mentega tawar dan susu kental manis menggunakan mixer. Kocok gula dan kuning telur menggunakan mixer hingga mengembang. Tambahkan bahan kering sambil diaduk hingga rata.
2.    Bagi adonan menjadi 3 bagian sama banyak. Tambahkan 1 bagian adonan dengan cokelat bubuk, aduk rata.
3.    Tuang masing-masing adonan ke dalam 3 buah loyang bundar datar diameter 20 cm yang telah diolesi mentega dan bertabur tepung terigu.
4.    Panggang dalam oven panas bersuhu 180 Celsius selama 30 menit hingga matang dan permukaannya kecokelatan. Angkat. Dinginkan.
5.    Oles permukaan cake kuning dengan krim. Tumpuk cake cokelat di atasnya. Kemudian oles permukaan cake cokelat dengan krim, ratakan. Tutup dengan cake kuning. Rapihkan dan olesi permukaan roti dengan air.
6.    Taburi permukaan meja dengan gula bubuk. Tipiskan fondant putih hingga ketebalan ½ cm. Angkat fondant perlahan dan letakkan di permukaan cake. Bentuk dan rapikan sesuai bentuk cake.
7.    Cetak fondant putih dan merah menggunakan cetakan bintang. Pulung sebagin fondant merah dan fondant putih menjadi bentuk lonjong. Satukan dan puntir hingga berbentuk spiral. Satukan kedua ujungnya dan puntir sambil tarik hingga  kedua warna menyatu. Bentuk menjadi lingkaran.
8.    Tempelkan hiasan bintang pada bagian dasar cake dengan cara mengoles sedikit air pada permukaan fondant. Letakkan lingkaran dan sisa bintang pada permukaan cake.

10 potong
95 menit

Uji Dapur: NOVA
Penata Saji: T. Firta Hapsari
Foto: Agus Dwianto/NOVA

Reporter : Ridho Nugroho
Editor : Ridho Nugroho

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×