Resep Istimewa Kue Pesta: Cake Cokelat Sus Vla

  • Jumat, 16 Desember 2016 12:00 WIB

Resep Istimewa Kue Pesta: Cake Cokelat Sus Vla | Agus Dwianto/NOVA

Semarak perayaan spesial bersama keluarga besar bisa dengan menghadirkan hidangan istimewa yang pastinya disukai semuanya. Kali ini, tabloidnova.com membagikan resep cake cokelat sus vla yang super nikmat dan tentunya lezat. Anda pun tak perlu merogoh kantong lebih mahal untuk membelinya di toko kue. Mari membuatnya sendiri di rumah resep cake cokelat sus vla.
    
Proses membuat kue pesta cake cokelat sus vla:
375 g mentega tawar, lelehkan
375 g cokelat susu, cincang, lelehkan
6 btr telur ayam
150 g gula pasir halus
225 g brown sugar
75 g cokelat bubuk
100 g tepung terigu serba guna
2 sdt baking powder

Sus Vla:
150 m air
100 g mentega tawar
135 g tepung terigu
3 btr telur ayam
½ sdt baking powder

Vla:
350 ml susu cair
30 ml krim kental
75 g gula pasir
¼ sdt garam
½ sdt ekstrak vanili
1 sdm tepung maizena

Hiasan:
Cokelat bentuk lempengan
Krim kocok
Cokelat leleh
Gula-gula warna warni

Cara membuat cake cokelat saus vla:
1.    Cake Cokelat: Campurkan mentega leleh, cokelat leleh, telur, gula pasir, brown sugar, cokelat bubuk, tepung terigu dan baking powder, kocok menggunakan whisk hingga tercampur rata.
2.    Tuangkan adonan ke dalam loyang bundar anti lengket diameter 20 cm, ratakan. Panggang dalam oven bersuhu 180 Celsius selama 30 menit hingga matang dan permukaannya garing. Angkat. Dinginkan. Sisihkan.
3.    Sus: Didihkan air bersama mentega tawar. Masukkan tepung terigu, aduk hingga kalis dan tidak menempel pada panci. Angkat. Dinginkan.
4.    Keluarkan adonan dari panci. Tambahkan telur dan baking powder, kocok menggunakan mixer hingga lembut. Masukkan ke dalam kantung semprot dengan spuit polos.
5.    Semprotkan adonan ke permukaan loyang anti lengket. Panggang dalam oven panas bersuhu 180 Celsius selama 25 menit hingga mengembang dan matang. Angkat. Sisihkan.
6.    Vla: Campurkan susu, krim, gula dan garam hingga gula larut. Tambahkan tepung maizena dan ekstrak vanili, aduk rata hingga kental. Angkat. Dinginkan.
7.    Penyelesaian: Oles permukaan cake dengan krim kocok. Atur sus berisi vla di atas krim. Tempelkan lempengan cokelat pada bagian pinggir cake menggunakan krim kocok. Tuangkan cokelat leleh pada permukaan sus dan taburi dengan gula-gula warna-warni. Siap disajikan.

12 potong
80 menit

Uji Dapur: NOVA
Penata Saji: T. Firta Hapsari
Foto: Agus Dwianto/NOVA

Reporter : Ridho Nugroho
Editor : Ridho Nugroho

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×