3 Cara Mencairkan Daging Beku dari Freezer

  • Kamis, 13 April 2017 06:30 WIB

Mencairkan daging beku dari freezer itu gampang-gampang susah. Bagaimana biasanya Anda melakukan ini?

Ada dua faktor utama jika ingin menghilangkan bekuan es pada makanan, terutama daging, yakni waktu (durasi) dan suhu. Berapa lama bekuan es hilang secara sempurna tergantung suhu yang dibutuhkan. Dan itu tergantung kesabaran Anda.

Dan setidaknya, ada tiga cara mencairkan daging beku dari freezer, mulai dari cara yang paling ideal sampai yang cara instan:

Pertama, gunakan lemari pendingin. Daging begitu diambil dari freezer bisa ditempatkan di rak lemari es. Ini cara tradisional dan ideal, tapi butuh waktu yang lama. Tergantung pada berapa besar ukuran bekuan esnya, biasanya bisa memakan waktu 24 jam untuk menghilangkan semua bekuan es.

Baca: 8 Tips Dapur untuk Pemula

Metode mencairkan daging beku dari freezer ini butuh persiapan, namun dianggap paling aman. Terutama menyangkut soal bakteri seperti E.coli dan salmonella. Sekali Anda mengeluarkan daging dari freezer dan meletakkannya di rak, bakteri ini akan bertumbuh lagi. Pada saat itu, bisa saja daging terekspos dan terkontaminasi dengan bakteri lainnya.

Ini tak lepas dari suhu lemari pendingin yang biasanya diatur dengan suhu 4 derajat Celcius atau kurang dari itu. Daging pada umumnya akan butuh waktu untuk menghilangkan bekuan es. Perlu dipahami pula bahwa untuk daging hanya boleh dua hari di dalam lemari pendingin. Steak bisa jadi empat sampai lima hari. Sementara daging mentah dan seafood jangan sampai lebih dari empat hari.

Cara kedua yakni dengan merendamnya dengan air dingin. Taruh daging yang membeku ke dalam mangkok yang di dalamnya berisi air dingin. Ini bisa jadi cara paling umum digunakan, dan tidak butuh waktu seharian. Daging 450 gram biasanya memakan waktu satu jam untuk mencairkan bekuan es. Tambahkan 30 menit untuk setiap tambahan 450 gram. Anda dapat memasak daging langsung begitu bekuan es mencair.

Baca: Mana Bagian Kambing yang Enak Dimasak?

Ada beberapa silang pendapat mengenai apakah sebaiknya merendam daging di dalam air dingin atau air hangat? Mesti diketahui jika menggunakan air hangat, ada bagian daging yang bisa jadi terekspos panas dan kemudian bisa kering. Ini akan membuat perbedaan yang kentara saat dimasak. Karenanya akan lebih baik menggunakan air dingin.

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×