3 Tips Membekukan Makanan Agar Lebih Awet dan Tak Kehilangan Gizi

  • Kamis, 27 April 2017 14:30 WIB

Cara membekukan makanan | ISTOCK

Menyiapkan makanan untuk keluarga bisa lebih praktis dengan membuat makanan frozen food. Ternyata, kita bisa membekukan bahan makanan sendiri, lo. Frozen food faktanya tidak selalu bahaya bila kita paham cara membekukan makanan agar tetap awet dan bergizi. 

Pada dasarnya, menyimpan makanan dengan cara dibekukan termasuk pada cara mengawetkan makanan.  Inti dari mengawetkan makanan adalah untuk mempertahankan masa simpan makanan sehingga layak dikonsumsi. Saat mengawetkan makanan juga kita harus mempertahankan mutu makanan dari kerusakan.

Kerusakan makanan saat makanan dibekukan, bisa disebabkan oleh faktor kimia, fisika, dan biologis. Faktor-faktor kerusakan tersebut tentu akan sulit dikendalikan bila tanpa usaha pengawetan.

Namun, istilah mengawetkan makanan seringkali diartikan dengan menambahkan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Padahal cara mengawetkan makanan mempunyai banyak cara dan tidak harus dengan ditambahkan bahan pengawet, salah satu caranya adalah dengan dibekukan.

Bagaimana cara yang benar saat hendak membekukan bahan makanan agar awet?

BACA: Tips Menjaga Makanan Beku dan Ciri Makanan Beku Tak Layak Makan Lagi

Metode Pembekuan Makanan

Dari berbagai cara ataupun metode pengawetan makanan, pembekuan makanan merupakan cara yang paling efektif, mudah, cepat, praktis, dan relatif lebih aman.  Pada dasarnya, sistem kerja pembekuan adalah suhu dingin.  Selama suhu titik bekunya bisa dipertahankan, maka pertumbuhan mikroorganisme masih dapat dikendalikan.

Yang perlu diketahui saat membekukan makanan adalah proses ini tidak akan membunuh mikroorganisme.  Pembekuan ini hanya akan menghentikan pertumbuhan mikroorganisme sementara saja ketika ia berada dalam kondisi beku.  Bila suhu meningkat, maka mikroorganisme akan berkembang kembali.  Bila kita menghendaki sistem pembekuan yang sempurna, maka sebaiknya dilakukan dengan suhu yang dingin dan cepat.

Proses Perubahan Makanan Beku

Reporter : nova.id
Editor : Annelis Brilian

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×