6 Bahan Makanan yang Wajib Ada di Dapur Saat Bulan Puasa

  • Kamis, 11 Juni 2015 11:47 WIB

Terutama selama bulan Ramadan, siapkan selalu bahan makanan yang harus ada di dapur ini. | HGTV

Jika Anda selalu berusaha untuk menjadi juru masak andalan di rumah, pastikan selalu stok bahan makanan di dapur tertata dan tersedia dengan baik. Sebab menyediakan stok bahan makanan yang tepat akan sangat memudahkan bagi Anda saat mulai memasak, bahkan mendorong Anda untuk rajin mengolah makanan di dapur.

Terlebih saat memasuki bulan puasa, persediaan makanan harus lebih diperhatikan mengingat lebih banyak waktu keluarga makan bersama di rumah dan Anda akan membutuhkan waktu seefisien mungkin untuk menyiapkan hidangan sahur.

Baca: Ke Mana Sebaiknya Membuang Minyak Goreng?

Nah, dengan bahan makanan yang wajib ada di dapur ini, Anda dapat dengan mudah menyiapkan sajian buka puasa maupun sahur untuk seluruh anggota keluarga, semudah Anda mengambil banyak barang saat berada di supermarket!

1. Aneka Pasta dan Biji-bijian
Bahan makanan jenis pasta dan biji-bijian ini menjadi bahan makanan yang wajib ada di dapur karena termasuk yang tahan lama disimpan meski tanpa mesin pendingin. Dengan menyetok sejumlah bahan makanan jenis ini, Anda bisa lebih mudah menentukan menu istimewa yang akan Anda sajikan pagi, siang, dan malam sekaligus.

2. Makanan Instan dalam Kaleng
Kendati tidak harus mengonsumsinya setiap hari, namun menyimpan stok sejumlah makanan kaleng seperti bahan sup kacang, tuna, korned, atau kaldu, tentu dapat membantu Anda mengolah masakan menjadi lebih cepat layaknya chef profesional.

Agar persediaan bahan makanan semakin lengkap, jangan lupa menambahkan stok beberapa bahan segar, terutama yang sudah dikemas dalam kaleng, untuk membantu mempercepat Anda memasak sajian makan malam istimewa, terutama saat harus menjamu tamu.

3. Aneka Bumbu Dapur
Apa gunanya memiliki semua stok berbagai jenis bahan makanan bila Anda tak memiliki persediaan bumbu dapur? Pastikan agar di dapur Anda selalu tersedia minyak zaitun, cuka, kecap, sambal, termasuk berbagai rempah-rempah untuk menyempurnakan sajian lezat yang Anda olah dengan hati.

Baca: Tips Hemat Saat Berbelanja di Supermarket

4. Kacang-kacangan dan Buah-buahan Kering
Kacang kenari, almond, kismis, juga cranberry kering adalah kunci untuk membuat kue atau makanan ringan menjadi terasa lebih beraroma saat disantap. Keberadaan irisan kacang-kacangan dan buah-buahan kering ini juga akan menjadi topping yang sempurna saat Anda menyajikan semangkuk oatmeal, sereal, salad, atau pun tambahan pada hidangan nasi goreng untuk sarapan.

5. Bahan Tambahan
Bahan-bahan lain seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang, kentang, buah lemon, dan limau yang besar sangat penting untuk menambah citarasa pada sajian istimewa yang Anda buat, bahkan memiliki khasiat untuk kesehatan.

6. Makanan Beku
Bahan makanan yang wajib ada di dapur selanjutnya tentulah frozen food alias makanan beku. Beberapa bahan makanan yang menjadi persediaan memang ada yang sangat membutuhkan lemari pendingin atau kulkas. Bahkan, ini sering menjadi hidangan favorit untuk sahur. Selain itu, untuk beberapa jenis bahan makanan, jika hanya ditaruh di dalam ruangan bersuhu kamar, kualitasnya akan berkurang. Misalnya, sayuran segar dan sayuran beku, telur, daun rempah segar, keju, seafood, atau daging.

Intan Y. Septiani/Kitchen Daily

Reporter : nova.id
Editor : nova.id

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×