Inilah 10 Alat Masak Wajib Punya di Dapur

  • Sabtu, 15 April 2017 10:30 WIB

Inilah 10 Alat Masak Wajib Punya di Dapur | Slufwork

Banyaknya bentuk dan jenis alat masak membuat Anda harus cermat memilih. Jika salah pilih, proses pengolahan makanan serta hasil masakan pun menjadi tidak maksimal. Nah, sebelum Anda keburu membeli semua perlengkapan masak tanpa menyesuaikan dengan kebutuhan dapur sehari-hari, ada baiknya melihat daftar 10 alat masak wajib punya di dapur.

Panci
Punya panci bagus tidak ada ruginya. Panci bisa digunakan untuk membuat berbagai macam saus, merebus bahan makanan, dan membuat kaldu. Pilih panci dengan bahan material yang baik dan cukup tebal.

Jika terlalu tipis maka masakan akan cepat gosong namun bahan makanan belum matang. Jika material panci terlalu berat dan tebal Anda akan kesulitan untuk menggunakannya. Panci yang Anda butuhkan panci yang bisa menyebarkan panas secara merata dan mudah memegangnya. Panci masuk dalam daftar 10 alat masak wajib punya di dapur.

Baca: Tips Memilih dan Menggunakan Panci Presto

Wajan
Wajan sering disebut penggorengan. Wajan merupakan peralatan memasak yang terbuat dari besi atau logam lainnya yang diletakkan di atas kompor atau tungku dan digunakan untuk wadah makanan saat memasak. Ini 10 alat masak wajib punya di dapur.

Wok
Bentuknya seperti wajan, namun memiliki gagang yang panjang pada salah satu sisinya.  Biasanya digunakan untuk membuat masakan dengan waktu yang singkat, seperti tumisan, nasi goreng, mi goreng, dan lain-lain.

Baca: Ini Dia, 5 Peralatan Dapur Favorit di Indonesia

Pan
Kini pan tersedia dengan banyak bentuk dan ukuran. Fungsi utamanya untuk menggoreng dengan minyak sedikit, membuat omelet, pancake, dadar, dan memasak telur. Untuk menggoreng dengan minyak banyak dapat menggunakan frying pan dengan ukuran yang lebih besar dan tersedia langsung saringan. Biasanya pan dilapisi dengan bahan anti lengket karena pan digunakan untuk membuat masakan yang langsung dihidangkan dengan cantik, sehingga memudahkan saat membentuk makanan. Pan masuk dalam daftar 10 alat masak wajib punya di dapur.

Baca: Inilah Cara Menggunakan Panci Presto yang Benar

Grill Pan
Kini pan tersedia dengan banyak bentuk dan ukuran. Fungsi utamanya untuk menggoreng dengan minyak sedikit, membuat omelet, pancake, dadar, dan memasak telur. Untuk menggoreng dengan minyak banyak dapat menggunakan frying pan dengan ukuran yang lebih besar dan tersedia langsung saringan.
Biasanya pan dilapisi dengan bahan anti lengket karena pan digunakan untuk membuat masakan yang langsung dihidangkan dengan cantik, sehingga memudahkan saat membentuk makanan.

Reporter : Ridho Nugroho
Editor : Ridho Nugroho

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×