Cek Suhu untuk Deteksi Virus? Dapatkan Termometer Terbaik di Tokopedia

By Kaina Harini, Kamis, 19 Maret 2020 | 11:39 WIB
Kotak penanganan pertama di rumah, harus diperbaharui secara berkala (DOK. Shutterstock) (Shutterstock)

NOVA.id – Cuaca yang kian tak menentu, membuat  kondisi kesehatan tubuh lebih cepat menurun. Oleh sebab itu, Sahabat NOVA harus lebih mawas diri. Apalagi di tengah penyebaran virus dan penyakit sedang terjadi saat ini.

Selain menjaga kebersihan, mempersiapkan hal-hal yang yang bisa mendeteksi penyakit sejak dini juga perlu.

Misalnya saja, ketika tiba-tiba Sahabat NOVA merasa tidak enak badan,  suhu badan naik, dan mengalami demam. Naiknya suhu badan dan demam adalah gejala umum, bukan penyakit.

Kebanyakan penyakit yang memiliki gejala demam berhubungan dengan infeksi di dalam tubuh yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Pada anak, gejala demam bisa juga terjadi saat akan tumbuh gigi.

Baca Juga: Takut Keluar Rumah Karena Virus? Cek Produk Pilihan Tokopedia!

Suhu tubuh manusia dewasa normal biasanya berkisar antara 36,5 hingga 37,5 derajat Celsius. Sahabat NOVA akan merasa demam jika, suhu tubuh berada di atas 37,5  hingga 39 derajat celcius. Sedangkan pada bayi dan anak, demam biasanya terjadi saat suhu tubuh melebihi 37 derajat celsius.

Ketika demam terjadi, penting untuk terus memantau suhu tubuh secara berkala dalam satu hari. Jika Sahabat NOVA memiliki suhu tubuh 38,5 derajat, bergegaslah untuk mengunjungi rumah sakit terdekat untuk observasi lebih lanjut.

Supaya dapat mendeteksi dini peningkatan suhu tubuh yang jadi gejala banyak penyakit, Sahabat NOVA wajib memiliki benda yang satu ini dalam kotak pertolongan pertama. Ya, termometer.

Terdapat berbagai jenis termometer yang dijual secara bebas dengan harga yang bervariasi. Jika ingin lebih mudah untuk melihat perbandingan harga Sahabat NOVA bisa mengeceknya di Tokopedia Peduli Sehat.

Berikut adalah penjelasan beberapa jenis termometer yang tersedia di pasar dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Sahabat NOVA.

  1. Termometer digital

Menunjukkan hasil secara cepat dan akurat, termometer jenis digital ini umum untuk ditemui rumah-rumah.

Memiliki sensor pada ujung alat, pengukur suhu ini dapat membaca suhu tubuh setelah ditempelkan pada tubuh selama beberapa detik.