NOVA.ID – Banyak cara bisa dilakukan untuk meningkatkan keuntungan dalam berjualan.
Salah satunya dibuktikan pengguna Mitra Tokopedia, yang cerdas jualan serta mampu berhemat dan dapat pemasukan tambahan.
Mitra Tokopedia merupakan salah satu layanan pengembangan usaha melalui pemanfaatan teknologi dari marketplace terbesar Indonesia, Tokopedia.
Menurut hasil survei yang dilakukan Tokopedia pada Oktober 2020, Mitra Tokopedia memberikan dampat positif bagi pemilik warung, toko kelontong, dan pelaku Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) lainnya.
Baca Juga: Tokopedia Play Fest Dorong Pelaku UMKM Tetap Semangat Berkarya di Masa New Normal
Bahkan 80 persen dari mereka berhasil meraih keuntungan tambahan dua kali lipat, sejak bergabung sebagai Mitra Tokopedia.
“Kami telah membantu jutaan pegiat usaha tradisional melayani lebih dari 50 juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di Indonesia,” kata Doni Nathaniel Pranama, Head of New Retail Tokopedia.
Area layanan yang luas itu membuat Mitra Tokopedia menjadi platform pengalaman berbelanja dengan cakupan paling luas di Indonesia.
Tak heran jika penggunanya cukup terbantu, memberikan dampak positif bagi pembeli, serta membuat penggunanya bisa berjualan dengan cerdas.
Sementara itu, dalam survei yang sama, Mitra Tokopedia ternyata memberi banyak keuntungan.
Baca Juga: Luncurkan Official Store, Tokopedia Dukung Difabel Tetap Berkarya Selama Pandemi Virus Corona
Ini hasil survei tentang Mitra Tokopedia, di antaranya:
- Lebih dari 80 persen Mitra Tokopedia meraih lebih banyak pelanggan.
- 8 dari 10 Mitra Tokopedia berhasil menambah jumlah stok warung.
Baca Juga: Luncurkan Official Store, Tokopedia Dukung Difabel Tetap Berkarya Selama Pandemi Virus Corona
- 9 dari 10 Mitra Tokopedia berjualan lebih banyak jenis produk di warungnya.
- Hampir 80 persen pengguna meraih keuntungan tambahan lebih dari 2 kali lipat setelah bergabung menjadi Mitra Tokopedia.
- Hampir 100 persen penjual berhasil menghemat biaya transportasi lebih dari Rp50.000 per minggu dengan memanfaatkan fitur Grosir di aplikasi Mitra Tokopedia.
Baca Juga: Wow! Masker Kain Terbukti Minimalisasi Paparan Virus, Banyak Pilihan di Tokopedia
- Lebih dari 25 persen Mitra Tokopedia kini punya waktu lebih bersama keluarga.
- Lebih dari 40 persen Mitra Tokopedia dimudahkan dalam berbisnis.
- Lebih dari 40 persen Mitra Tokopedia menjadi lebih melek teknologi.
Baca Juga: Kini, Nabung Emas di Tokopedia Bisa Dapatkan Asuransi Jiwa Prudential untuk Hadapi Covid-19
- Lebih dari 50 persen Mitra Tokopedia bisa lebih mandiri secara finansial.
- 5 dari 10 Mitra Tokopedia kini punya tabungan tambahan.
- Lebih dari 35 persen Mitra Tokopedia sudah memanfaatkan transaksi non-tunai/dompet digital.
Baca Juga: Lewat BenihBaik, Tokopedia Salurkan Donasi untuk Cegah Covid-19
- Hampir 25 persen dari Mitra Tokopedia masih tetap bisa mendapatkan pemasukan bulanan walaupun sudah tidak bekerja lagi sebagai karyawan.
Gerakan Warung Nasional
Hasil survei tentang Mitra Tokopedia semakin memberi semangat bagi Tokopedia untuk terus membantu pelaku UMKM, terutama pegiat usaha tradisional yang terdampak pandemi.
Salah satunya melalui Gerakan Warung Nasional (GWN) Jilid 2.
“Tahun ini, Tokopedia mengusung tema GWN #BangkitBarengWarung. Mengingat ekosistem warung merupakan bagian dari UMKM, penyokong lebih dari 60 persen perekonomian Indonesia,” tambah Doni.
Melalui #BangkitBarengWarung, Mitra Tokopedia menghadirkan tiga pilar kegiatan.
Tiga pilar itu adalah mengenalkan aplikasi Mitra Tokopedia kepada masyarakat luas, terutama kepada yang kehilangan pekerjaan karena pandemi, misalnya membuka usaha Payment Point Online Bank (PPOB) dan warung.
Baca Juga: Cek Suhu untuk Deteksi Virus? Dapatkan Termometer Terbaik di Tokopedia
Kedua, menghadirkan promo menarik di aplikasi untuk meningkatkan penghasilan.
Ketiga, menghadirkan berbagai konten edukasi untuk melengkapi pemilik warung, maupun masyarakat yang kehilangan pekerjaan agar dapat berwirausaha bersama Mitra Tokopedia.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store. (*)