Cegah Covid-19, Berikut Area Rumah yang Perlu Rutin Didisinfeksi

By Content Marketing, Jumat, 11 Desember 2020 | 22:21 WIB
(Ilustrasi) Cairan disinfektan (dok. shutterstock)

Nova.id – Grafik kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia, masih belum menunjukan penurunan yang signifikan. Tercatat, pada Kamis (10/12/2020) terjadi penambahan kasus positif sebanyak 6310 kasus.

Di sisi lain, jumlah pasien sembuh memang meningkat menjadi 82,1 persen dari kasus terkonfirmasi positif. Kenaikan pesat ini ini sesungguhnya dapat terjadi akibat banyak faktor. Di antaranya yaitu kurang menjaga kebersihan diri, belum menerapkan protokol kesehatan, hingga tidak menggunakan masker.

Padahal, pemerintah telah berkali-kali mengingatkan masyarakat untuk terus mentaati protokol kesehatan guna menekan angka penularan. Sayangnya, imbauan ini tidak akan berguna jika masyarakat masih abai dengan aturan yang ditetapkan.

“Namun semua itu tidak akan banyak bermanfaat apabila masyarakat tidak mematuhinya,” ungkap Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin dikutip dari laman Kementrian Sektretariat Negara RI, dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Rabu (5/8/2020).

Baca Juga: Diberi Cincin dan Diminta Menjadi Ibu oleh Anak Vicky Prasetyo, Kalina Ocktaranny Menagis Haru: Senang Banget

Selain protokol kesehatan, Sahabat Nova juga masih bisa melakukan tindakan preventif dari rumah untuk mencegah penyebaran virus penyakit maupun Covid-19. Caranya yakni dengan rutin membersihkan cairan disinfektan berisi bahan kimia yang dapat membunuh kuman dan virus.

Dikutip dari Kompas.com, laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut, pembersihan melalui disinfektan setidaknya dilakukan satu kali setiap hari, terutama pada benda atau bagian yang paling banyak disentuh.

Benda-benda tersebut antara lain keran air, wastafel, kamar mandi, gagang pintu atau lemari, meja, sakelar lampu, dan barang elektronik seperti remot dan smartphone. Untuk melakukan permbersihan, CDC juga menyarankan untuk menyeka permukaan terkontaminasi dengan kain basah yang sudah direndam dengan larutan disinfektan.

Hindari menyemprot cairan ke permukaan langsung agar virus tidak menyebar ke udara. Penyemprotan cairan disinfektan juga tidak disarankan diberikan kepada manusia atau hewan. Mengingat kandungannya dapat membahayakan kulit, mulut, mata, serta permukaan mukosa lainnya.

Selain itu, selalu disiplin gunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan jika harus keluar rumah. Menjaga kebersihan di rumah tidak ada gunanya kalau perilaku ini tidak diterapkan.