Ingin Cek Kondisi Jantung? Coba Saja dengan Naik Turun Tangga

By Content Marketing, Senin, 14 Desember 2020 | 23:31 WIB
Ilustrasi menaiki tangga (Shutterstock)

Nova.id – Jika diberi dua pilihan antara menaiki tangga atau menggunakan lift, kebanyakan orang akan memilih lift sebagai opsi menaiki bangunan paling cepat. Apalagi jika lantai yang dituju cukup tinggi. Menaiki tangga tentu terasa cukup melelahkan.

Namun, tahukah Sahabat Nova bahwa menaiki tangga ternyata dapat menjadi cara mudah untuk melatih kemampuan kardio. Dikutip dari Science Daily, naik turun tangga juga dapat menunjukan risiko kematian akibat penyakit kronis seperti gangguan jantung dan kanker.

Selain itu, kegiatan tersebut dapat sekaligus memeriksa kesehatan jantung. Penelitian yang dilakukan ahli jantung di Rumah Sakit Universitas A Coruña, Spanyol, dr Jesús Peteiro menyebut bahwa seseorang yang membutuhkan waktu lebih dari 1,5 menit untuk menaiki empat tangga, maka kesehatan jantungnya kurang baik.

Baca Juga: 3 Tips Pintar Atur Uang agar Bisa Bebas Finansial di Usia Muda

Kesimpulan ini diambil setelah Peteiro menganalisis 165 pasien yang diduga memiliki penyakit arteri koroner dengan gejala sesak napas dan nyeri dada. Mereka diminta untuk berjalan atau berlari di treadmill hingga kelelahan.

Kemudian, mereka selanjutnya diminta beristirahat 15-20 menit untuk selanjutnya diminta menaiki empat tangga (60 anak tangga) dengan cepat. Hasilnya, sebanyak 58 persen pasien yang menaiki tangga lebih dari 1,5 menit mengalami kelainan fungsi jantung.

Hasil penelitian ini turut diamini oleh Harvard Health Publishing (2014), publikasi ini menjelaskan bahwa aktivitas naik turun tangga dapat menjadi solusi bagi mereka yang lebih banyak duduk.

Naik turun tangga juga dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol, mengurangi tingkat stres, dan mempertahankan berat badan ideal.

Baca Juga: Ulang Tahun ke-8, Putra Bungsu Krisdayanti Dapat Hadiah Mobil Mahal dari Raul Lemos

Guna menjaga kondisi kesehatan agar terhindar dari risiko penyakit jantung. Tidak ada salahnya bagi Sahabat Nova untuk mulai rutin naik turun tangga di rumah.

Tidak hanya gratis, berbagai manfaat seperti membakar kalori, menguatkan tubuh, hingga melawan gaya hidup malas gerak juga bisa teratasi lewat kebiasaan ini.

Untuk menjaga agar tubuh tetap prima di masa pandemi, Sahabat Nova juga sebaiknya jangan lupa menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara rutin (3M), agar tubuh terhindar dari berbagai virus dan penyakit.