Mengalami Gejala Covid-19 dan Takut Tularkan ke Keluarga? Lakukan Hal Ini

By Sheila Respati, Senin, 4 Januari 2021 | 00:10 WIB
Redakan batuk dengan madu (readersdigest.ca)

NOVA.id – Sahabat Nova yang sudah sering beraktivitas di luar rumah, baik work from office atau mengunjungi tempat umum, wajar jika menjadi khawatir ketika tiba-tiba merasa tidak enak badan dan merasakan gejala Covid-19.

Kekhawatiran muncul karena takut menularkan virus ke anggota keluarga inti, terutama anak-anak. Setelah itu, rasa panik timbul dan Anda tidak tahun harus berbuat apa.

Oleh sebab itu, ketika mengalami gejala  berikut beberapa yang harus Anda lakukan merujuk pada Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19 dari Kementerian Kesehatan.

 

Jika mengalami demam dengan suhu 38-39 derajat celcius, batuk, tenggorokkan sakit, atau sesak napas segera isolasi diri dari anggota keluarga. Jangan bepergian atau menaiki kendaraan umum.

Selama isolasi di rumah, pakai masker, tutupi mulut dan hidung dengan bagian dalam siku ketika batuk atau bersin.

Setelah itu, Anda harus mengecek apakah positif terinfeksi Covid-19 lewat tes swab atau polymerase chain reaction (PCR) di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes).

Baca Juga: Kenali Gejala Covid-19 pada Anak, Jangan Sampai Lalai dan Jadi Ancaman

Jika tidak mengalami gejala, tetapi mengetahui bahwa orang yang berinteraksi dengan Anda dalam 14 hari terakhir positif terinfeksi Covid-19, segera isolasi diri. Setelah itu, konsultasikan kondisi Anda dengan menghubungi hotline 119 ekstension 9 untuk mendapat panduan lebih lanjut.

Lakukan hal yang sama jika Anda baru saja bepergian dari wilayah yang terjangkit virus corona atau memiliki tingkat penularan lokal tinggi (zona merah).

Agar tidak perlu mengalami kepanikan tersebut, menjaga diri dan anggota keluarga dapat dilakukan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Pakailah masker, jauhi kerumunan dan jaga jarak aman dengan orang lain, serta mencuci tangan dengan rajin menggunakan sabun (3M).

Selain itu, usahakan tidak berkumpul atau melakukan aktivitas di luar rumah kecuali sangat mendesak.