Tips Gunakan Fasilitas Toilet Umum di Masa Pandemi

By Sheila Respati, Senin, 4 Januari 2021 | 16:26 WIB
ilustrasi bilik toilet. (Shutterstock)

NOVA.id - Selain menjaga kedisiplinan penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, ada satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan ketika mengunjungi tempat umum. Hati-hati dan pastikan kebersihan saat menggunakan toilet umum.

Pasalnya, riset terbaru yang dipublikasikan Physics of Fluids menyatakan bahwa virus corona dapat menyebar di toilet yang digunakan secara publik.

Studi tersbut didapatkan ketika peneliti melakukan simulasi penyiraman di kloset yang ternyata dapat menciptakan cipratan droplets sejauh lebih dari tiga kaki.

Kemudian, droplets yang terlempar tersebut akan menjadi aerosol di udara dan bertahan dalam beberapa jangka waktu atau menempel di permukaan lain di kamar mandi. 

Baca Juga: Kesaksian Kasus Corona Pertama di Dunia, Mengira Kena Virus dari Toilet Umum di Pasar Hingga Kemungkinan Bukan Orang Pertama yang Terinfeksi Covid-19

Selain itu, melansir Huffington Post, Kamis (24/6/2020), studi juga menemukan fakta bahwa virus corona bisa bertahan di feses sejumlah penderita Covid-19. Bahkan, virus disebut dapat ditemukan di feses seseorang yang sudah pulih dari Covid-19 selama beberapa minggu.

Oleh karena itu, langkah preventif harus Anda lakukan jika ingin menggunakan toilet, terutama toilet umum.

Ada baiknya, untuk selalu membawa tisu sendri, baik itu tisu kering atau tisu basah. Dengan demikian, Anda tak perlu menyentuh benda lainnya di toilet seperti gulungan tisu yang belum tentu higienis. 

Selai itu jangan gunakan gayung air yang digunakan secara umum serta lapisi tuas atau keran air di wastafel dengan tisu sebelum menyentuhnya. 

Sehabis menggunakan kloset, sebaiknya juga tutup terlebih dahulu sebelum kamu menekan tombol flush.

Setelah keluar dari bilik toilet, cuci tangan menggunakan sabun dan air atau bisa pula memanfaatkan hand sanitizer agar tangan selalu higienis.