NOVA.id - Memasuki era internet of things seperti sekarang, banyak influencer bermunculan di media sosial.
Mereka adalah orang-orang yang berperan dalam memberikan pengaruh kepada masyarakat lewat postingan dan karya-karyanya di media sosial sesuai kesukaannya masing-masing.
Ada yang memiliki kesukaan terhadap konten kuliner, traveling, kecantikan, parenting bahkan hingga kesehatan.
Di antara sekian banyaknya influencer, Aprilia Sky adalah salah satunya.
Namun dengan latar belakangnya sebagai seorang DJ yang hobi masak, ibu dari 3 orang anak ini menjadi mom influencer yang berbeda dari yang lain.
Melalui inspirasi yang sering dibagikan di media sosial (@aprilia_sky), perempuan yang memulai kariernya di dunia DJ sejak 2009 ini membuktikan bahwa menjadi seorang ibu tidak menjadi hambatan untuk produktif berkarya dan berprestasi.
Terbukti, ia dinobatkan sebagai Duta Ibu Cerdas 2020 oleh salah satu brand perlengkapan bayi setelah memenangkan sebuah kompetisi yang diadakan jenama tersebut.
Ia juga dinobatkan sebagai Brand Ambassador sebuah brand perlengkapan bayi.
Sebagai seorang Duta Ibu Cerdas, Aprilia pun berperan dalam memberikan edukasi kepada para mom di Indonesia.
Ia aktif berbagi tentang pengalamannya sebagai seorang mom influencer, mulai dari merawat anak, membesarkan anak dan tips-tips menjadi seorang ibu yang aktif. Tak hanya di media sosial, ia juga sering menjadi pembicara di berbagai talkshow atau webinar.
Baca Juga: Toko Organis, Bisnis Gaya Pendistribusian Lewat Toko Isi Ulang
Aprilia bersyukur dapat menjadi mom influencer karena ia bisa mendapatkan lebih banyak sudut pandang tentang berbagai hal.
Ia juga merasa beruntung karena dengan menjadi mom influencer, ia dapat sharing hal yang bermanfaat kepada banyak orang dan memiliki banyak teman online di seluruh Indonesia
Meski menjadi mom influencer yang telah memiliki 128 ribu followers, bukan berarti Aprilia Sky asal menerima kerja sama dari brand begitu saja.
Ia tetap mengutamakan manfaat dan keamanan yang akan diterima oleh para pengikutnya di Instagram.
Oleh karena itu, ia selektif dalam menerima tawaran kerja sama atau kolaborasi dari sebuah brand karena ia punya tanggung jawab yang besar untuk followers-followersnya.
Baca Juga: Cerita Kakha Series Jualan Busana Muslim Sampai Raih Omzet Miliaran per Bulan
Salah satunya adalah ia akan memastikan bahwa produk makanan, kecantikan atau makanan yang dipromosikan sudah memiliki izin BPOM.
Selain menjadi seorang mom influencer, Aprilia Sky juga aktif berbisnis karena ia adalah seorang pengusaha.
Ia merupakan owner dari Kings Meat Shop (@kings_meatshop), sebuah bisnis online yang menjual berbagai daging dan seafood impor dan Sky Dream Wear (@skydreamwear.id), sebuah clothing brand yang khusus menjual pakaian daily wear.
Ia bercerita bahwa ketertarikannya di bidang usaha dimulai sejak kelas 3 SD. Ia mulai serius menggeluti usaha pakaian sejak berprofesi sebagai seorang DJ.
Baca Juga: Markis Kido Meninggal Dunia, Ini Profil Sang Legenda Bulu Tangkis Indonesia
Ia melihat peluang di bidang pakaian karena saat itu banyak teman-temannya yang menitip pakaian kepadanya.
“Pada dasarnya aku memang suka banget sama jualan. Aku baru mulai bisnis pakaian sejak menjadi DJ. Setiap baju yang kupakai selalu menarik perhatian teman-temanku.
Akhirnya banyak dari mereka yang titip buat beli. So, sejak itu aku putuskan untuk berbisnis pakaian dari masih lajang hingga setelah menikah seperti sekarang. Bedanya, dulu aku jual pakaian fashion, sekarang fokusnya ke daily wear.” Tutur Aprilia Sky.
Sementara itu, ketertarikannya di usaha kuliner berawal dari latar belakang ibunya sendiri.
Aprilia bercerita bahwa ibunya pernah memiliki sebuah restoran di Karawang. Selain itu, ibu mertuanya juga memiliki bisnis kuliner yang telah berdiri selama 20 tahun. Dari situlah, ia memutuskan untuk terjun berbisnis di bidang makanan yang ia mulai sejak tahun 2018.
Baca Juga: Komunitas Ruang Tengah, Wadah Berbagi Cerita Tanpa Rasa Khawatir
Kendati sibuk dengan beragam aktivitasnya, Aprilia Sky tidak melupakan perannya sebagai seorang istri dan ibu dari 3 orang anak yang masing-masing berusia 11, 6 dan 2,5 tahun.
Di sela-sela kegiatannya, ia tetap merawat anak dan keluarganya dengan baik. Pandai mengatur waktu adalah kuncinya.
Baginya, menjadi seorang ibu tidak harus berada di rumah terus. Keluarga tetap harus diperhatikan, namun bukan berarti menjadi seorang ibu harus diam begitu saja.
Menjadi seorang ibu, berarti tetap harus belajar dan melakukan kegiatan positif lainnya agar diri sendiri terus berkembang dari waktu ke waktu.
“Menjadi seorang ibu berarti kita engggak bisa stop untuk belajar di titik ini. Ketika masuk di kehidupan seorang ibu, banyak hal yang perlu kita pelajari, mulai cara mendidik anak, mengerti pasangan, mengatur keuangan hingga menambah penghasilan.
Bagiku, ibu bukanlah hanya status ketika wanita sudah menikah, tapi seorang ibu adalah awal untuk kita terus belajar hal hal baru, di kehidupan kita yg baru.” Jelas Aprilia.
Baca Juga: Suami Jadi Awak Kapal KRI Nanggala-402, Istri Sertu Bah Yoto Eki Setiawan Curhat Pilu
Pandemi covid-19 yang belum berakhir berdampak pada sebagian besar masyarakat, termasuk kaum ibu. Sebagai mom influencer yang juga seorang pengusaha, perempuan asal Karawang ini pun membagikan tips kepada ibu-ibu yang terdampak untuk memulai berwirausaha juga.
“Kita enggak pernah tau sampai kapan pandemi ini berakhir, tapi kita tidak bisa hanya tinggal diam, dan menunggu semua nya baik baik aja. Untuk mengatasinya, para moms bisa memulainya dengan mulai berjualan apa aja dulu.
Kalau terbatas dengan modal, para moms bisa memulainya dengan dropship, jual produk MLM atau apapun yang tidak membutuhkan modal bear. Beberapa temanku mulai usaha dengan barang barang kerajinan tangan. Dan ternyata itu juga lumayan loh.”
Wah, semoha bermanfaat ya, Sahabat NOVA!
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)