Pernah Di-PHK, Sandiaga Uno Berikan Kiat-Kiat Memulai Bisnis

By Widyastuti, Senin, 5 Juli 2021 | 13:39 WIB
Sandiaga Uno dan Istri (Tribun Jakarta)

NOVA.id - Sandiaga Uno bukan sekadar Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif, melainkan juga jago memotivasi.

Apalagi soal tips memulai usaha, ilmu yang dimilikinya lebih kaya akan pengalaman nyata dalam membangun bisnisnya yang jatuh bangun selama 25 tahun terakhir ini.            Seperti dalam sebuah webinar di Jakarta, Minggu (04/07), Sandi membagikan banyak petuah bagi siapa saja yang ingin memulai usaha dari nol. 

Baca Juga: Disebut Terlalu Kurus, Gracia Indri Jelaskan Kondisi Kesehatannya

Kebetulan sebelum menapaki ranah politik di tanah air dan sukses berbisnis seperti saat ini, Sandiaga Uno pernah sangat terpuruk pada tahun 1997.

“Saya juga pernah di-PHK. Saat itu tahun 1997, di saat dunia memang sedang dilanda krisis yang sangat dalam. Saya bekerja di sebuah perusahaan di luar negeri, terpaksa harus kembali ke Indonesia dengan kondisi bekal di dompet yang semakin tipis. Saya termotivasi untuk tetap bangkit atas semangat yang diberikan istri saya,” kenang Sandi.

Lalu apa yang dilakukan Sandi setibanya di Indonesia? Memulai usaha dari nol. Keahlian dan hobi yang sangat disenanginya saat itu adalah mengutak-atik laporan keuangan perusahaan.

Maka usahanya adalah menjadi konsultan keuangan. Saat itu, 3 bulan lamanya, Sandi menawarkan jasa ke berbagai perusahaan, tetapi hanya berbuah penolakan, bahkan banyak yang tidak ingin menemuinya.

Baca Juga: Solusi Nomor KK dan KTP jika Tidak Terdaftar di Pendaftaran CPNS 2021