Untuk Pasien Isoman, Kemenkes Gandeng 11 Platform Telemedicine Layani Pengiriman Obat Gratis

By Widyastuti, Senin, 5 Juli 2021 | 17:14 WIB
Ilustrasi Obat-obatan (DOK. ISTOCK)

NOVA.id - Bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah maupun karantina di pusat isolasi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) gandeng 11 platform telemedicine untuk memfasilitasi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kerja sama 11 platform telemedicine tersebut untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan juga jasa pengiriman obat secara gratis.

"Dibantu ditanggung oleh teman-teman telemedicine, startup, dan juga Kementerian Kesehatan,” kata Budi melalui keterangan virtualnya yang disirkan kanal YouTube Kementerian Kesehatan, Senin (05/07).

Baca Juga: Perempuan Lebih Bahagia dengan Pria yang Kurang Menarik, Ini Alasannya

Lebih lanjut, Budi menjelskan bahwa telemedicine merupakan konsultasi kesehatan secara virtual yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun oleh pasien.

Untuk tahap awal, fasilitas ini hanya berlaku di area Jakarta.

Adapun 11 platform telemedicine itu adalah: Alodokter, GetWell, Good Doctor dan GrabHealth, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok.

Melalui konsultasi daring itu, dokter bisa mengidentifikasi pasien berdasarkan hasil konsultasi, lalu selanjutnya dilakukan penanganan berdasarkan kondisi pasien Covid-19.

Baca Juga: Pernah Di-PHK, Sandiaga Uno Berikan Kiat-Kiat Memulai Bisnis