Pecahkan Rekor Muri, Tempat Syuting Makmum 2 Disebut Potensial Jadi Tempat Wisata Horor

By Siti Sarah Nurhayati, Rabu, 9 Februari 2022 | 21:30 WIB
Film Makmum 2 berhasil raih rekor muri. (DOK. INSTAGRAM)

NOVA.id - Tahun 2021 kemarin, belum banyak film Indonesia yang berani ambil layar di bioskop, mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum bisa dikatakan stabil.

Namun, dengan tekad dan perjuangan panjang, film Makmum 2 justru ambil bagian untuk mengajak penontonnya kembali meramaikan bioskop lagi.

Awalnya, film yang dibintangi Titi Kamal ini tak menaruh ekspekstasi tinggi pada filmnya sendiri, karena memang sekarang bioskop dibatasi.

Tapi, setelah berjalan 14 hari sejak penayangan perdananya, 30 Desember 2021 lalu, Makmum 2 justru berhasil mendapat apresiasi tinggi.

Ya, film besutan Dee Company ini menjadi film box office Indonesia satu-satunya yang menembus angka satu juta penonton, di masa pandemi Covid-19 sejak 2020 lalu.

Bahkan, dalam waktu 23 hari penayangan, penikmat film sekuel Makmum (2019) ini naik jadi 1.508.994 penonton.

“Saya awalnya mikir 800.000 seperti yang pertama itu berat, karena kondisinya pandemi. Ternyata ini bisa (mencapai, red.) 1,5 juta penonton, buat saya ini seperti magic," ucap Titi Kamal seperti dikutip dari Kompas.com.

Pencapaian ini pun tentu tak dilewatkan begitu saja.

Selain menjadi film box office perdana, Makmum 2 juga dianugerahkan piagam penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) atas rekor Film Pertama yang Mencapai Satu Juta Penonton di Masa Pandemi, 14 Januari 2022 kemarin.

Baca Juga: Selain Titi Kamal, Film Makmum 2 Dibintangi Marcella Zalianty dan Samuel Rizal

 

Dengan pencapaian tersebut, Makmum 2 juga disebut sebagai ajang kebangkitan dunia film Indonesia setelah mati suri sejak pandemi.

Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, memberikan apresiasi besar pada film Indonesia terlaris tahun 2021 ini. 

"Syuting melibatkan 180 kru dan pemain sehingga perlu diperhatikan karena industri perfilman menciptakan lapangan kerja yang besar."

"Selamat dan terimakasih, kami menganggap sektor perfilman sangat stretegis membangkitkan ekonomi dan indentitas bangsa," kata Sandi saat Instagram Live bersama Titi Kamal dan pihak produser filmnya, belum lama ini. 

Tak hanya itu, Sandi juga mengapresiasi salah satu kru terlibat yang mengusulkan lokasi syuting yang bertempat di salah satu desa wisata di Garut, Jawa Barat, itu dijadikan sebagai tempat wisata baru. 

"Wah itu ide menarik, bisa menciptakan wisata baru. Wisata film horor Makmum 2," jelasnya. 

Wah! Ada yang tertarik untuk berwisata ke sana? 

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store. (*)