Earth Hour 2022 Ajak Warga Dunia Matikan Lampu Selama Sejam Malam Ini, Kenapa?

By Maria Ermilinda Hayon, Sabtu, 26 Maret 2022 | 19:27 WIB
Earth Hour 2022 ()

NOVA.id -  Ajakan mematikan lampu selama satu jam akan dilakukan malam ini pada pukul 20:30 – 21:30 waktu setempat untuk mengikuti gerakan Earth Hour.

Earth Hour, salah satu gerakan akar rumput terbesar untuk lingkungan yang telah diikuti lebih dari 190 negara dan wilayah serta miliaran orang di dunia, kembali akan menyatukan jutaan orang diseluruh dunia untuk menunjukkan solidaritas bagi manusia dan bumi.

Berlangsung pada waktu yang sangat penting, Earth Hour tahun ini mengajak orang-orang di seluruh dunia untuk bersatu dalam momen refleksi tentang hubungan antar sesama manusia dan planet kita bersama.

Beberapa ikon nasional seperti Masjid Raya Baiturrahman Aceh, Islamic Centre di Mataram, Monumen Jayandaru Sidoarjo akan mengambil bagian dalam momen mematikan lampu secara simbolis tahun ini dan berupaya mengomunikasikan masa depan yang lebih aman, adil, dan  berkelanjutan bagi semua orang.

Earth Hour 2022 menyerukan kepada dunia untuk bersatu dalam momen solidaritas untuk manusia dan bumi. Kami memahami banyaknya tantangan yang kita hadapi, terutama dimasa yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, namun 2022 tetap menjadi tahun yang kritis bagi Bumi, rumah kita bersama," ujar Marco Lambertini, Direktur Jenderal WWF International.

Dilanjutkan Marco, tahun ini dunia akan bersatu untuk menyepakati perjanjian Paris untuk pelestarian alam, dan memberikan kesempatan sekali untuk satu dekade ke depan bagi para pemimpin untuk menyepakati rencana dalam mengembalikan hilangnya keanekaragaman hayati pada tahun 2030 dan membangun masa depan yang lebih baik terhadap alam.

Sejak pertama diinisiasi tahun 2009 sampai dengan tahun 2021, Earth Hour di Indonesia telah didukung oleh pemerintah daerah di 200 kota.

Digerakkan oleh 1068 volunter aktif yang tersebar di 30 kota, serta didukung oleh 2 juta pendukung melalui aktivasi digital.

Tahun 2022 ini, dukungan dari berbagai pihak, seperti duta Earth Hour 2022, Kafin Sulthan musisi dan pemain flim, dan komunitas.

Baca Juga: Ayo Jaga Lingkungan dengan Minyak Goreng Ramah Lingkungan!

Ada pula lembaga dan koorporasi seperti Earth Hour Indonesia MING, BCA, AISEC Indonesia, Panda Lestari, Gerakan Pramuka, Saya Pejalan Bijak, Saya Pilih Bumi, B2W Indonesia, The Climate Reality Project Indonesia, Sekolah Murid Merdeka, King of Borneo Band, Journey to Zero dan Indonesia Sketcher.

"Ini adalah kesempatan bagi komunitas di seluruh dunia untuk mengungkapkan aspirasinya, untuk mengambil tindakan positif dan menyerukan kepada dunia dimana manusia dan bumi dapat berkembang bersama," pungkas Marco.

Yuk, ikut serta mematikan lampu dalam gerakan Earth Hour.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)