Koleksi Batik dengan Pewarna Serbuk Kayu Ulin Karya Lia Afif Dipamerkan di IFW 2022

By Siti Sarah Nurhayati, Kamis, 14 April 2022 | 10:00 WIB
Koleksi busana Lia Alif bertajuk Cyclona Ulina. (DOK. ISTIMEWA)

NOVA.id – Fashion designer asal Surabaya, Lia Afif, turut memamerkan koleksi batiknya di panggung Indonesia Fashion Week (IFW) 2022, yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Rabu (13/4).

Kali ini koleksi batik yang dia bawa, dibuat dengan pewarnaan alam menggunakan serbuk kayu ulin.

Bertajuk Cyclona Ulina alias Sang Badai Ulin, Lia memaknai koleksi teranyarnya ini dengan makna yang cukup spesial.

“Rangkaian busana ini dipersembahkan dengan desain yang seluruhnya kuat dan beriringan, berkelindan bagai badai dengan warna-warna yang di tarik dari nuansa kayu ulin,” kata Lia.

Terdiri dari 12 look dengan siluet A dan H, perpaduan batik dengan warna brown, mocca, nude, cream, green, dan ivory, terlihat menonjolkan motif wakaroros yang merupakan motif khas batik Kutai Timur.

Motif itu diketahui di gagas oleh Tirah Satriani SE.MM, Sekretaris Dinas Pariwisata yang juga berperan sebagai penggagas pengembangan batik dan motif khas Kutai Timur.

Wakaroros sendiri adalah motif ukir kayu khas Kutai Timur yang di adopsi menjadi ciri khas batik Kutai Timur.

Lebih lanjut, selain batik, Lia juga turut menambahkan aksen chiffon, jaquard, lace, tule, taffeta, serta katun dalam koleksinya.

Tak sendiri, koleksi ini juga merupakan proyek kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

Baca Juga: Female & Children Media Grid Network Gelar Fashion Date: Virtual Trunk Show Raya Collection 2022, Inspirasi Busana Hari Raya dari 8 Desainer Lokal

 

“Kolaborasi ini merupakan upaya nyata pemerintah Kabupaten Kutai Timur dalam mengenalkan potensi wisata dan juga karya pengrajin batik,” ucap Wakil Bupati Kutai Timur, Dr.H.Kasmidi Bulang, ST.MM, belum lama ini.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store. (*)