Tips Belanja Barang Elektronik Online Agar Tak Rugi, Pastikan Hal Ini!

By Ratih, Senin, 20 Juni 2022 | 20:02 WIB
Ilustrasi tips belanja di Shopee (Nattakorn Maneerat)

NOVA.id - Tren minat penggunaan gadget saat ini dinilai tidak lagi hanya mementingkan tampilannya saja.

Kini, sudah banyak pengguna gadget yang melek teknologi, atau biasa disebut tech savvy, mereka menaruh perhatian khusus terhadap setiap fungsi dan kegunaan gadget yang dimiliki.

Sebagai tech savvy, peran gadget saat ini tidak hanya sekadar tentang nilai prestige saja, tetapi juga tentang kecanggihan fitur dan kapasitas yang dimiliki untuk dapat memudahkan mereka dalam melakukan berbagai aktivitas.

Sebelum membeli gadget dan peralatan elektronik lainnya, ada baiknya kita untuk memahami 5 tips membeli barang elektronik berikut ini:

1. Buat yang sedang mencari handphone baru, pilih handphone yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari

Pahami kebutuhan dan rutinitasmu agar bisa mencari HP yang memiliki RAM sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Pilihlah layar HP dengan ukuran, jenis layar, dan bentuk sesuai kebutuhan. Perhatikan kualitas kamera pada sebuah HP yang akan kamu pilih agar dapat memotret berbagai momen indah.

Penting juga untuk memilih desain dan material HP yang dapat bertahan lama dan mampu mencerminkan jati diri kamu.

Jangan khawatir, kamu dapat memiliki HP dengan berbagai spesifikasi yang memadai tidak hanya pada brand ternama dengan harga yang mahal. Kini, sudah banyak brand HP yang menawarkan produk HP berkualitas namun dengan harga terjangkau.

Baca Juga: Semua Orang Bisa, Luna Maya Bagikan Rahasia Awet Muda Sampai Detik Ini

2. Pilih laptop dengan spesifikasi yang diinginkan  

Kategori kebutuhan laptop terbagi menjadi tiga, pertama adalah laptop untuk kebutuhan kerja dan belajar yang bersinggungan dengan berkas-berkas penting, dilengkapi dengan fitur audio visual yang jernih, hingga browser yang cepat.

Kategori kedua adalah laptop untuk kebutuhan desain grafis yang dilengkapi software editing grafik dengan kapasitas yang cukup besar.

Kategori ketiga adalah laptop untuk gaming, pemakaian ini memakan memori paling besar karena aplikasi yang terunduh berkapasitas besar sehingga membutuhkan performa yang stabil dan kualitas audio visual yang jernih.

Jika sudah mengetahui kategori laptop apa yang dibutuhkan, selanjutnya adalah memastikan ukuran laptop, garansi dan servis, hingga jenis proccessor yang memadai untuk mengimbangi rutinitas sehari-hari.

3. Tablet dapat dijadikan sebagai alternatif gadget yang menunjang produktivitas

Tablet cocok buat kamu yang ingin mengakses ragam aplikasi komunikasi dan mengerjakan berbagai pekerjaan seperti mengetik, mendesain, dan melakukan presentasi.

Pastikan tablet yang akan kamu gunakan dilengkapi dengan kapasitas memori yang cukup untuk menunjang kebutuhanmu.

Terakhir, pilih desain yang sesuai dengan selera kamu agar selaras dengan gaya kamu setiap beraktivitas setiap hari.

Baca Juga: Liburan Sekolah, Ini Rekomendasi Kegiatan yang Bisa Dilakukan Bersama Anak

4. Pakai smartwatch untuk memudahkan komunikasi dan time management

Tren smartwatch belakangan ini semakin berkembang di kalangan masyarakat urban.

Tentunya, berfungsi sebagai penunjuk waktu dilengkapi fitur reminder terbaru sehingga kamu dapat lebih teratur dalam mengelola waktu.

Kemudian, kamu juga mudah untuk menerima notifikasi, pesan, dan panggilan telepon yang masuk dengan hanya mengklik layarnya.

Mendengarkan musik pun terasa sangat mengasyikan karena mudah untuk memutar dan mengganti musik sesuai selera dan mood kamu.

Terakhir, smartwatch dilengkapi fitur yang mampu mendeteksi detak jantung dan kadar nutrisi tubuh kamu sehingga kamu dapat memantau kesehatan dengan mudah untuk menjaga pola hidup yang sehat.

5. Pastikan orisinalitas produk dan jaga kesehatan gadget agar tahan lama 

Pastikan produk tersebut memiliki garansi untuk memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh untuk jangka waktu lebih panjang. 

Setelah memiliki seluruh gadget yang dibutuhkan, jangan lupa untuk menjaga kesehatan gadget kamu dengan perangkat aksesoris gadget.

Tentunya, pastikan seluruh gadget kamu dilengkapi charger fast charging yang mampu mengisi daya gadget dengan cepat.

Demi menunjang produktivitas ketika beraktivitas dari lokasi yang jauh dari sumber listrik, kamu dapat menggunakan powerbank berkapasitas baterai besar agar tidak perlu khawatir ketika beraktivitas dari manapun dalam waktu yang lama.

Untuk menjaga performa gadget yang stabil dan tidak cepat ‘panas’, gunakan kipas pendingin laptop yang dapat kamu bawa bersama laptop kesayangan di manapun kamu berada.

Baca Juga: Ajak Perempuan Berhijab Lebih Aktif, Citra Kirana Adakan Challenge Ini

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)