NOVA.id - Memasukkan orang asing untuk bekerja mengurus rumah kita melalui jasa asisten rumah tangga online memang ngeri-ngeri sedap.
Khususnya bagi kita yang ingin mencoba jasa jasa asisten rumah tangga online untuk pertama kali.
Tak dimungkiri ada saja peluang kita mendapatkan asisten rumah tangga online yang suka berulah.
Mulai dari yang kerjanya tidak rapi, tidak ramah, hingga mereka yang berani lancang mencuri atau merusak barang di rumah.
Asal tahu saja, saat ini banyak berita beredar soal ART yang menjadi maling di rumah majikannya sendiri.
Ada juga beberapa kasus ART yang kedapatan merusak barang tapi tak mau ganti rugi.
Memang, malang tak dapat ditebak.
Kejadian demi kejadian ini pun pastinya membuat kita perlu lebih hati-hati dan kritis dalam mempekerjakan orang di dalam rumah.
Nah pertanyaannya sekarang, apakah jika menggunakan aplikasi ART kita mendapat jaminan atau garansi saat ART yang disewa berulah?
Lalu, jika kejadian kriminal terjadi saat kita memesan jasa ART dari aplikasi, apa yang harus dilakukan?
Sebenarnya bila kita menggunakan jasa ART yang tergabung dalam aplikasi, kita sudah mendapat jaminan aman dari penyedia jasanya.
Seperti yang diungkapkan Jessica Giovanni, CEO GoMaid, di GoMaid, calon ART akan terlebih dulu dimintakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) asli guna menjamin keamanan dan kenyamanan dari konsumennya kelak.
Langkah ini diambil sebagai salah satu tindak pencegahan dari beragam kejadian yang tidak diinginkan, sehingga bisa memperkecil risiko kerugian.
Bagaimana penanganan bila terjadi masalah, tentu setiap penyedia jasa punya caranya masing-masing.
Bisa saja dilakukan investigasi dulu terhadap kasusnya, seperti yang dilakukan di GoMaid.
Kalau terbukti itu adalah kesalahan mitra dari penyedia jasa, baru ditindaklanjuti.
Dan konsumen bisa melaporkan ke pihak berwajib.
Untuk kasus seperti ini, pihak GoMaid bisa menyerahkan semua data yang dibutuhkan konsumen yang ingin membawa kasus ke pengadilan.
Baca Juga: Akan Ditinggal ART Mudik Lebaran? Tidak Usah Khawatir Kebersihan Rumah, Ini Solusinya!
Sudah Terikat Ketentuan Tak hanya masalah-masalah besar dan kriminal, kita juga bisa menyampaikan keluhan masalah teknis yang berhubungan dengan pekerjaan si ART jika tidak sesuai yang dijanjikan.
Misalnya, dalam waktu dua jam yang telah disepakati pekerjaan tak kunjung tuntas.
Atau masih banyak tempat yang tidak dibersihkan secara maksimal yang membuat kita tak puas.
Itu semua menjadi hak kita asal memang sesuai ketentuan.
Nah, untuk menyampaikan komplain ini juga ada caranya.
“Jika merasa kurang puas dengan hasil kerja dari si mitra on demand, maka kita mengizinkan konsumen memberikan keluhan langsung saat si mitra itu ada di tempat,” saran Jessica.
Kenapa harus demikian?
Kalau sudah lewat, penyedia jasa sulit membuktikan bahwa apa yang dikeluhkan tersebut benar dilakukan oleh ART mitranya, baik itu masalah teknis pekerjaan maupun kasus kriminal.
Tapi, jangan sampai juga Anda asal menyampaikan komplain.
Sebelum menggunakan jasa dari sebuah aplikasi, pastikan Sahabat NOVA sudah membaca term and conditions-nya dulu.
Jadi, masih takut pakai jasa asisten rumah tangga online?
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)