Agar Anak Tetap Terjaga Kesehatannya, Berikut 4 Langkah Tepat Membersihkan Mainan Action Figure

By Widyastuti, Senin, 15 Agustus 2022 | 16:01 WIB
Ilustrasi anak bermain di rumah ()

NOVA.id - Action figure biasanya menjadi mainan anak laki-laki yang banyak digemari. Mainan ini berbentuk karakter film dan animasi terkenal, seperti Batman, Spiderman, Iron Man, dan sebagainya.

Selain menemaninya bermain, kita juga perlu mengajarkan si kecil untuk merawatnya.

Berikut beberapa langkah membersihkan mainan action figure yang bisa dilakukan secara rutin supaya mainan tidak kotor. 

  1. Rendam Action Figure dalam Air Hangat

Pertama, siapkan baskom berisi air hangat dan rendam mainan di dalamnya selama 5 menit. Hal ini akan membantu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada action figure.

  1. Gosok Action Figure dengan Sikat Gigi

Setelah itu, gosok mainan secara perlahan dengan sikat gigi yang sudah diberi sedikit sabun. Pastikan kamu menjangkau seluruh bagian action figure, dari kepala hingga kaki agar bersih sempurna. Setelah itu, diamkan action figure selama 1 menit. Lalu, rendam lagi ke dalam air hangat.

  1. Bilas Action Figure dengan Air Bersih

Setelah selesai dibersihkan, bilas action figure di bawah air mengalir untuk menghilangkan sisa sabun dan kotoran. Pastikan kamu membilas setiap bagian  agar tidak ada sabun yang tersisa.

Baca Juga: Raisa Tunjukkan Wajah Sang Anak, Putri Hamish Daud Banjir Pujian

 

  1. Keringkan Action Figure

Terakhir, keringkan action figure dengan cara menepuk-nepuknya secara perlahan memakai tisu atau handuk lembut. Hindari menggunakan hair dryer karena bisa merusak lapisan plastik mainan. Bila ada bagian  yang masih basah, kamu bisa membiarkannya kering sendiri.

Nah, itu cara membersihkan mainan action figure. Mudah, bukan? Dengan mengajarkan anak membersihkan mainannya, kamu juga mengajarkan anak cara bertanggung jawab.

Kamu bisa memberikan action figure dan mainan lainnya untuk si kecil dengan mengunjungi Toys Kingdom.

Situs belanja satu ini menyediakan berbagai perlengkapan dan mainan anak, mulai dari play-doh, boneka, LEGO, dan lain sebagainya. Yuk, dapatkan mainan kesukaan si kecil sekarang. (*)