Ingin Jadi Beauty Entrepreneur? Kenali Dulu Maklon Kosmetik dan Tips Memilihnya

By ADV PI, Jumat, 26 Agustus 2022 | 13:00 WIB
Ilustrasi: menggunakan kosmetik untuk menjaga wajah tetap terawat (www.freepik.com)

NOVA.id - Untuk memulai perjalanan sebagai beauty entrepreneur di bidang kosmetik, ada baiknya Sahabat NOVA perlu memahami seluk-beluk bisnis tersebut terlebih dulu. Salah satunya, mengenal maklon kosmetik.

Sebagai informasi, maklon kosmetik adalah perusahaan yang melakukan proses pembuatan kosmetik secara custom untuk brand yang Sahabat NOVA buat. Namun, Sahabat NOVA perlu memilih perusahaan maklon kosmetik yang tepat dan bisa menjadi one-stop solution bisnis kosmetik.

Tak hanya memproduksi produk,  perusahaan maklon kosmetik juga harus dapat membantu mendesain konsep dan kemasan produk, melakukan pengembangan produk, mengurusi perizinan dan legalisasi produk.

Ilustrasi: proses pembuatan kosmetik di pabrik (www.freepik.com)

Maklon juga harus mempunyai kemampuan untuk membuat formulasi produk, melakukan tes stabilitas dan kompatibilitas produk, memproduksi massal, serta mengurusi hal lainnya sampai produk ke gudang Sahabat NOVA.

Tips memilih perusahaan maklon kosmetik

Bagi Sahabat NOVA yang masih bingung, berikut beberapa tips lain untuk memilih perusahaan maklon kosmetik yang tepat untuk Sahabat NOVA ajak bekerja sama.

  1. Pilihlah maklon yang memiliki tenaga riset dan pengembangan produk. Hal ini karena memiliki tenaga riset dan pengembangan produk merupakan nilai plus sebuah perusahaan maklon.
  2. Lihatlah jaringan pemasok yang dimiliki perusahaan maklon. Pilihlah perusahaan maklon kosmetik yang memiliki jaringan luas dan terintegrasi.
  3. Lakukan peninjauan ke fasilitas pabrik yang dimiliki perusahaan maklon kosmetik. Tanyakan apakah fasilitas pabrik sudah memenuhi regulasi pemerintah.
  4. Pelajari pengalaman maklon yang Anda jajaki. Memilih perusahaan maklon berpengalaman dapat meminimalisasi risiko kegagalan produksi yang sesuai keinginan dan kuantitas yang diinginkan.
  5. Cari tahu apakah perusahaan maklon yang Anda dekati selalu mematuhi peraturan dan standar-standar yang berlaku. Pilihlah perusahaan maklon yang memiliki reputasi perilaku bisnis terpuji.
  6. Bekerja samalah dengan perusahaan maklon yang menunjukkan komitmen terhadap kualitas dan keamanan produk hasil buatannya dengan cara memiliki sertifikat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan mendapatkan akreditasi Sistem Jaminan Halal (SJH) dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Salah satu perusahaan maklon kosmetik tepercaya yang dapat Sahabat NOVA ajak untuk bekerja sama adalah Zweena.

Bersama Zweena, Sahabat NOVA tidak harus memikirkan proses produksi yang ribet, punya pabrik, dan mengurus perizinan atau legalitas. Semua akan dibantu oleh Zweena.

Ilustrasi: salah satu produk kosmetik (sumber: www.freepik.com) (www.freepik.com)

Zweena memformulasikan produk secara unik sesuai permintaan Sahabat NOVA dan berbeda dengan produk yang ada di pasaran. Selain itu, Zweena menjamin kualitas produk yang dipesan sesuai standar mutu yang diterapkan secara nasional dan internasional karena telah didukung oleh proses produksi yang canggih.

Zweena dapat membantu pengurusan izin BPOM, sertifikasi halal MUI, dan sertifikasi merek dan paten. Dengan demikian, produk Sahabat NOVA dijamin legal, halal, dan aman.

Untuk diketahui, selain kosmetik, Zweena juga telah dapat memproduksi banyak produk kecantikan, antara lain serum, body lotion, body wash, dan face mist.