Brand Choice Award 2022: 26 dari 1.700 Brand di Indonesia Berhasil Raih Penghargaan

By Siti Sarah Nurhayati, Jumat, 2 September 2022 | 11:02 WIB
Brand pilihan konsumen di Brand Choice Award 2022. (DOK. ISTIMEWA)

NOVA.id – Brand Choice Award 2022 baru saja digelar pada Rabu (31/8) kemarin di Ballroom Ayana Hotel, Jakarta.

Menariknya, melihat perkembangan dan penelitian brand yang cukup banyak menjamur di Indonesia, untuk pertama kalinya helatan akbar ini membagi penghargaan tersebut dalam dua fokus utama yakni Brand Choice Award For Mom & Kids 2022 dan Brand Choice Award For Health & Beauty 2022.

Digawangi oleh Infobrand.id yang bekerjasama dengan Tras N Co, dua penghargaan ini digelar guna menunjukkan antusiasme masyarakat dalam hal pemilihan brand yang biasa mereka gunakan sehari-hari.

Pasalnya menurut data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), setiap tahun ada 4-5 juta anak lahir di Indonesia. Sementara Kementerian Dalam Negeri mencatat, pada Desember 2021 jumlah penduduk usia anak 0-14 tahun mencapai 69 juta jiwa atau 25% dari total jumlah penduduk yang saat ini telah mencapai lebih dari 275 juta jiwa.

“Brand Choice Award For Mom & Kids 2022 merupakan apresiasi yang diberikan kepada brand-brand nasional dan internasional di kategori kebutuhan Ibu & Anak yang memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan dinilai telah berhasil menjadi pilihan konsumen di Indonesia,” jelas Susilowati Ningsih, CEO Infobrand.Id saat jumpa media di Ballroom Ayana Hotel, Jakarta, Rabu (31/8).

Sedangkan Brand Choice Award 2022 For Health & Beauty 2022, merupakan apresiasi yang diberikan kepada brand-brand nasional dan internasional di kategori kesehatan dan kecantikan yang memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan dinilai telah berhasil menjadi brand pilihan konsumen di Indonesia.

Tujuan dari penyelenggaraan penghargaan ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada brand-brand di kategori ibu dan anak, kesehatan dan kecantikan yang telah berhasil menjadi brand pilihan konsumen melalui channel marketplace di Indonesia.

“Melalui penghargaan ini diharapkan menambah kepercayaan konsumen dan calon konsumen dalam memilih, menggunakan, serta merekomendasikan produk dari suatu brand,” jelas Susilowati.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Tri Raharjo, CEO Tras N Co Indonesia menjelaskan, untuk melihat brand-brand pilihan Mom & Kids dan Health & Beauty, diberikan berdasarkan penilaian dengan pendekatan digital monitoring dengan mengacu kepada 3 parameter penilaian yaitu; Digital Brand Awareness Aspect, Brand Choice Aspect, dan Social Media Aspect.

Dimana riset Brand Choice for Mom & Kids Index dilakukan pada bulan Mei-Juli 2022, yang dilakukan terhadap 115 kategori produk dengan lebih dari 700-an brand ter-riset. Sedangkan riset Brand Choice for Health & Beauty Index, dilakukan pada bulan Mei-Juli 2022, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1000-an brand ter-riset.

Baca Juga: Ingin Kembangkan Produk Lokal, My Skin But Better Bawa 72 Brand Indonesia untuk Dikenalkan

Adapun kriteria penilaian yang dilakukan dari dua penghargaan tersebut, brand-brand peraih penghargaan dinilai telah memenuhi tiga kriteria penilaian seperti, brand-brand ter-riset memiliki official online store yang terdaftar secara resmi di marketplace di Indonesia.

Brand-brand ter-riset meraih angka final skor minimal 10% atau lebih di kategori produknya. Dan brand achiever berada pada posisi tiga teratas dalam satu kategori, atau berada pada peringkat pertama apabila hanya terdapat maksimal tiga brand ter-riset di satu kategori tersebut.

“Hasil riset Brand Choice Award for Health & Beauty 2022, ada 3,1 juta ulasan brand di internet, 605 ribu pencarian bulanan di internet, 21,24 juta transaksi di official store di dua marketplace teratas, dengan 10,85 juta review dengan rating rata-rata 4,69 persen.”

“Sementara untuk Brand Choice Award for Health & Beauty 2022, ada 2,77 juta ulasan di halaman internet, 2,17 juta pencarian bulanan, 65,4 juta penjualan di dua marketplace teratas, dengan 39,12 juta review dan rating rata-rata 4,88 persen,” jelas Tri.

Dari riset Brand Choice Award for Mom & Kids 2022 juga terungkap, 10 kategori produk dengan transaksi teratas antara lain, Sabun Mandi Antiseptik dengan 1,59 juta transaksi, Pulpen dengan 1,14 juta transaksi, Popok Bayi dengan 1,07 juta transaksi.

Gendongan Bayi dengan 1,01 juta transaksi, Biskuit dengan 956,40 ribu transaksi, Baby Bath dengan 837,82 ribu transaksi, Susu Formula 1-3 Tahun dengan 710,94 ribu transaksi, Susu Formula 4-6 Tahun dengan 448,45 ribu transaksi, Bedak Bayi dengan 444,17 ribu transaksi, Baby Cologne dengan 441,99 ribu transaksi.

Sementara dari riset Brand Choice Award for Mom & Kids 2022 terungkap, 10 kategori produk dengan transaksi teratas antara lain, Serum Wajah dengan 3,39 juta transaksi, Body Lotion dengan 2,42 juta transaksi, Shampoo dengan 2,36 juta transaksi.

Lip Cream dengan 2,22 juta transaksi, Hand Wash dengan 1,99 juta transaksi, Mascara dengan 1,95 juta transaksi, Deodorant dengan 1,90 juta transaksi, Facial Wash dengan 1,83 juta transaksi, Lipstick dengan 1,80 juta transaksi, dan Sabun Mandi Cair dengan 1,67 juta transaksi.

Selanjutnya, dari dari penilaian yang telah dilakukan, beberapa brand peraih Brand Choice Award for Mom & Kids 2022 antar lain, Chocolatos untuk kategori Wafer Stick, Chocolatos untuk kategori Minuman Coklat Kemasan, Gery Saluut untuk kategori Wafer Malkist, Mere Et Moi untuk kategori Gendongan Bayi, IQ Angel untuk kategori Mainan Bayi.

Baca Juga: Ingin Jadi Beauty Entrepreneur? Kenali Dulu Maklon Kosmetik dan Tips Memilihnya

 

Lalu Aice untuk kategori Ice Cream Bucket dan Ice Cream, Indomilk untuk kategori Susu Kental Manis, Morinaga untuk kategori Susu Formula 0-12 Bulan, Susu Formula 1-3 Tahun, dan Susu Formula 4-6 Tahun, Bambi untuk kategori Lotion Anti Nyamuk.

Mama’s Choice untuk kategori Multivitamin Ibu Hamil & Menyusui dan Stretch Marks Cream, Morinaga Soya untuk kategori Susu Formula Soya, Mamabear untuk kategori Pelancar ASI, Momaz untuk kategori Gendongan Bayi, dan Caladine untuk kategori Bedak Gatal.

Sementara beberapa brand peraih Brand Choice Award for Health & Beauty 2022 antara lain, Nutrive Benecol untuk kategori Minuman Penurun Kolesterol, Natur untuk kategori Hair Treatment dan Vitamin Rambut. 

NPURE untuk kategori Toner, Softex untuk kategori Pembalut Wanita dan Pantyliner, Elvasense untuk kategori Alat Cek Gula Darah, Morris untuk kategori Eau De Parfume Wanita, Mama’s Choice untuk kategori Nipple Cream, dan Lactacyd untuk kategori Feminine Care.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store. (*)