Cek Potensi Cuaca Ekstrem di Beberapa Wilayah di Indonesia Saat Mudik Lebaran 2023 Menurut BMKG

By Hinggar, Rabu, 12 April 2023 | 09:50 WIB
Ilustrasi peringatan BMKG soal cuaca ekstrem (Tribun Makassar)

NOVA.id - Pada musim mudik lebaran 2023 kali ini, pemudik harus mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang terjadi selama perjalaan.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), potensi cuaca ektrem akan terjadi di beberapa wilayah selama mudik lebaran 2023.

Oleh karena itu para pemudik diharapkan berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan selama arus mudik serta arus balik lebaran.

Dikutip dari Kompas.com, berikut ini potensi cuaca ekstrem yang terjadi di berbagai daerah selama lebaran 2023:

Hujan lebat hingga sangat lebat

Potensi hujan lebat hingga sangat lebat akan terjadi pada 15 hingga 21 April 2023.

Wilayah yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat antara lain Aceh, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Papua.

Daerah lain yang perlu waspada adalah Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jabodetabek, Jawa Timur, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua Barat.

Pada tanggal 22 hingga 28 April 2023, potensi hujan lebat kemungkinan aan terjadi di Aceh, Jawa Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Untuk arus balik pada 29 April hingga 5 Mei 2023, potensi hujan lebat akan terjadi di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua.

Baca Juga: Jadwal Ganjil Genap Selama Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2023

(*)