Survei Indikator: 91,7 Persen Mitra Pengemudi Grab Loyal dan Setia

By Annisa Octaviana, Sabtu, 15 April 2023 | 08:25 WIB
Para Mitra Pengemudi Grab Indonesia. (Dok. Grab Indonesia)

NOVA.id – Bekerja sama dengan lembaga riset Indikator, Grab Indonesia menemukan fakta baru terkait mitra pengemudinya.

Hasil temuan menunjukkan ada korelasi positif dan signifikan antara program solidaritas dan kesejahteraan yang dilakukan sepanjang kuartal empat tahun 2022 terhadap loyalitas dari Mitra Pengemudi.

Survei ini melibatkan 1.000 Mitra Pengemudi GrabBike di 7 wilayah: Medan, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar.

Mitra Pengemudi disebut memiliki loyalitas lebih tinggi berkat terlaksananya sembilan program utama. Bahkan, 91,7% menyebut kecil kemungkinan mereka untuk pindah ke platform ojol lain dan 83,4% mengaku mendapatkan perhatian yang besar dari perusahaan.

“Sebagai bagian dari keluarga besar Grab Indonesia, Mitra Pengemudi memiliki peran kunci dalam ekosistem platform kami,” jelas Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia.

“Tentunya, adalah kewajiban kami untuk menyediakan program-program yang tidak saja dirasakan berguna oleh Mitra Pengemudi, tapi juga sebagai bentuk dukungan serta apresiasi kami terhadap para Mitra,” sambungnya.

Pasalnya, Neneng menuturkan persepsi positif yang sangat tinggi seperti ini cukup jarang dapat tercapai.

Terlebih, 64% responden hanya bergantung pada pemasukan sebagai Mitra Pengemudi sebagai sumber pendapatan utama. 85% responden merasa bangga menjadi Mitra Pengemudi Grab dan merekomendasikan Grab bagi mereka yang memiliki ketertarikan untuk jadi ojol.

Di kesempatan yang sama, Kennedy Muslim, Peneliti Utama Indikator menjelaskan efektivitas program yang diadakan Grab untuk Mitra Pengemudi juga berdampak sangat positif meningkatkan level kedekatan identitas dan loyalitas kepada Grab dianalisa sebagai driver engagement.

Baca Juga: Festival Mimpi Ibu 2023, Ibu Punya Mimpi Gandeng 20 Komunitas Pemberdaya

“Aspek ini kemungkinan juga diperkuat dengan perbaikan dampak ekonomi yang dirasakan oleh 89,3% responden dan keleluasaan dalam mengatur waktu kerja yang diinginkan oleh 92,2% responden,” ujar Kennedy.

Surveinya sendiri dilakukan oleh Indikator sejak 22 Februari hingga 15 Maret 2023 melalui wawancara tatap muka. Penelitian dilakukan dengan metode random sampling, dengan margin of error survei diperkirakan +/- 4.5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Survei ini juga menunjukkan bahwa dari sembilan inisiatif yang dilakukan oleh Grab Indonesia di kuartal empat tahun 2022, terdapat lima program yang dirasa paling menarik oleh responden.

Yakni GrabModal, GrabBenefits Day, GrabScholar: Program Beasiswa Grab, Kopdar Komunitas, Hari Mitra Grab.

Selain lima kegiatan di atas, terdapat empat inisiatif lainnya yang juga menarik bagi para Mitra Pengemudi, yaitu: Forum Diskusi Mitra (Fordim), Acara Keseruan Akhir Tahun (HAJATAN), Olahraga Bersama Rutin (Laga Solidaritas), serta Nonton Bareng Film Indonesia di Bioskop bersama Mitra dan keluarganya (Nobar Warga Grab). (*)