EF Berikan Program Pelatihan Bahasa Inggris untuk Tenaga Pendidik di Wilayah DPSP

By Annisa Octaviana, Minggu, 25 Juni 2023 | 18:02 WIB
Antusiasme tenaga pendidik saat ikut program Pelatihan Bahasa Inggris yang diberikan oleh EF Kids & Teens. (Dok. EF Kids & Teens Indonesia )

NOVA.id – EF Kids & Teens Indonesia memberikan program pelatihan bahasa inggris untuk tenaga pendidik di wilayah program Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Wilayah program Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) meliputi Mandalika, Samosir, Labuan Bajo, Bromo, serta Magelang.

Setelah Mandalika, EF Kids & Teens bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Samosir memulai Program Pelatihan Bahasa Inggris, yang diikuti oleh 100 orang tenaga pendidik sekolah dasar yang berasal dari Kabupaten Samosir.

Acara pembukaan ini dilakukan di SMP Negeri 2 Pangururan dan dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Samosir, Drs. Waston Simbolon, MM, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Samosir, Jonson Gultom, S.Pd, Kepala SMP Negeri 2 Pangururan, Enny Juliana Pelita Naibaho, S.Pd., MSi serta Director of Corporate Affairs EF Kids & Teens Indonesia, Juli Simatupang.

Dalam Program Pelatihan Bahasa Inggris, EF Kids & Teens membagikan metode fun learning yang kreatif dan efektif bagi tenaga pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran Bahasa Inggris ke siswa dan siswi peserta didik.

Adapun, program pelatihan ini terdiri dari workshop secara tatap muka langsung dan workshop melalui online yang diadakan selama 4 bulan secara intensif.

Terdapat banyak modul pembelajaran yang dapat dipraktikkan oleh para tenaga pendidik yang mudah diaplikasikan dalam proses belajar mengajar.

Suryadi Afan, Country Director EF Kids & Teens Indonesia menyampaikan, “Tahun ini kami fokus pada pengembangan tenaga pendidik sekolah dasar di wilayah program Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) seperti Mandalika, Samosir, Labuan Bajo, Bromo, Magelang. Samosir menjadi salah satu lokasi pelaksanaan program edukatif tahun ini mengingat Samosir memiliki potensi pariwisata yang sangat besar dengan 58 lokasi objek wisatanya.”

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Samosir, Jonson Gultom, S.Pd mengatakan, “Pelatihan Bahasa Inggris bagi Guru SD dan SMP yang difasilitasi oleh EF Kids & Teens merupakan hal yang baru di Kabupaten Samosir. Ada sekitar 66 tenaga pendidik dari SD dan 34 tenaga pendidik dari SMP yang mengikuti workshop hari ini.”

Baca Juga: Ajak Anak agar Lebih Minat Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini, Ternyata Bisa dengan Cara Ini

Jonson Gultom menambahkan, dirinya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada EF Kids & Teens Indonesia yang telah memprioritaskan Kabupaten Samosir sebagai sasaran pelatihan berbahasa Inggris bagi guru SD dan SMP di tahun 2023.

EF Kids & Teens Indonesia menyasar para guru pendidik agar mereka memiliki kapabilitas yang mumpuni untuk menyampaikan materi pengajaran kepada para peserta didiknya.

Dengan demikian, para peserta akan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang lebih baik dari sebelumnya.

“Modul pembelajaran yang diberikan ke para tenaga pendidik terdiri dari pelatihan berbagai strategi dan teknik pengajaran yang menciptakan pembelajaran yang positif, interaktif dan menyenangkan. Nantinya modul-modul ini dapat membantu para tenaga pendidik dalam mengajarkan Bahasa Inggris ke peserta didik. Pembelajaran menggabungkan edukasi dengan permainan yang seru agar anak terpacu untuk menggunakan Bahasa Inggris,” ucap Juli Simatupang, Director of Corporate Affairs EF Kids & Teens Indonesia. (*)