Catat! Ini Trik Melindungi Kulit dari Polusi dan Sinar UV Ekstrem

By Maria Ermilinda Hayon, Selasa, 27 Juni 2023 | 18:10 WIB
Trik Melindungi Kulit dari Polusi dan Sinar UV Ekstrem (champpixs)

 

NOVA.ID - Belakangan ini sinar UV di Indonesia kian meningkat.

Belum lagi polisi udara yang semakin mengerikan tiap harinya.

Tentunya kondisi ini akan sangat memengaruhi kondisi kesehatan kita.

Salah satunya mengganggu kesehatan kulit kita.

Padahal, kita memiliki banyak kegiatan di luar ruangan.

Bisa-bisa ruang aktivitas kita jadi terbatas karena takut polusi dan sinar UV ekstrem bakal merusak kulit.

Menanggapi hal ini, dr. Nataliani Mawardi atau biasa dikenal sebagai dr. Nat, penggagas klinik kecantikan NMW sekaligus praktisi estetika dengan pengalaman lebih dari 30 tahun mengemukakan betapa esensialnya untuk senantiasa menerapkan upaya perlindungan dan perawatan kulit yang utuh dan menyeluruh, khususnya bagi kaum perempuan yang aktif.

“Dalam situasi seperti ini, terpaan sinar matahari yang begitu menyengat dan hantaman polusi udara, hampir bisa dikatakan mendesak bagi kita yang beraktifitas penuh untuk menyadari pentingnya perawatan dan perlindungan kulit dan tubuh agar dapat melindungi diri dari dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh sinar matahari dan udara buruk yang berlebihan,” ujar ungkap dr. Nat.

Perlindungan dan perawatan kulit yang utuh meliputi perlindungan dan perawatan saat sebelum, pada waktu dan setelah kita beraktivitas di luar ruangan.

Khususnya di masa terpaan matahari paling masif.

“Perempuan Indonesia memang musti siap dan berani tampil cantik dan sehat di segala aktifitas, siap menaklukkan sinar matahari ekstrim. Tapi ingat, saya merekomendasikan untuk sebaiknya tidak beraktifitas luar ruang di saat matahari bersinar paling terik, sekitar jam 10 pagi hingga jam 2 siang,” lanjut dr. Nat lebih jauh.

Baca Juga: Rajin Pakai Sunscreen, Mengapa Kulit Wajah Tetap Lebih Gelap dari Tangan?

Tampil sebagai pembicara dalam kesempatan istimewa Boot Camp Miss Universe Bali di kawasan Kuta, Bali, bertemu dan berkolaborasi bersama tokoh wirausaha Sally Giovanny serta pegiat olahraga, Feby Febiola, dr. Nat memaparkan tentang perawatan dan perlindungan kulit utuh.

Pertama, melakukan perlindungan saat sebelum beraktifitas luar ruang seperti menggunakan pelindung tabir surya atau sunscreen atau bahkan sunblock bila diperlukan.

“Sunscreen dapat menyerap ke kulit kita, melindungi dari dampak buruk UVA dan UVB, sementara sunblock mampu memantulkan sinar matahari dari kulit. Jangan lupa pakai sunscreen secara merata paling tidak 30 menit sebelum ke luar rumah. Di luar kita bisa mengulang penggunaan sunscreen setiap 2 jam,” jelas dr. Nat.

Selain itu juga penting sekali untuk memiliki habit atau kebiasaan menjalani gaya hidup sehat.

Seperti menjaga hidrasi dengan cukup minum air putih, dan memastikan asupan nutrisi baik seperti buah dan sayur.

Perlindungan pada saat ditengah aktifitas luar ruang, khususnya Ketika mengalami terpaan sinar matahari yang menyengat.

Kedua, selain menggunakan sunscreen, pastikan juga untuk menggunakan pelindung tambahan seperti pakaian berbahan nyaman yang menutupi kulit, topi atau payung.

Di akhir hari, setelah kembali ke rumah, perawatan paling mendasar adalah mandi dan mencuci wajah.

Perawatan mendasar bisa meliputi penggunaan face wash atau sabun khusus wajah, toner, moisturizer atau pelembab dan serum.

Ini adalah sebuah upaya skincare routine yang begitu efektif dan bermanfaat melindungi sekaligus merawat kulit manusia.

Sementara itu, tokoh wirausaha nasional serta Direktur Miss Universe Bali, Sally Giovanny menuturkan bahwa sebagai perempuan dengan beragam kesibukan aktifitas memang dituntut untuk pintar menjaga kesehatan tubuh dan kulitnya.

Baca Juga: Ada Sinar UV Ekstrem di Indonesia, Ini Rekomendasi Sunscreen untuk Lindungi Kulit

 

Apalagi sebagai penduduk yang bermukim di negeri tropis dengan sinar mataharinya yang hadir hampir sepanjang waktu.

Dr. Nat menjelaskan bahwa begitu banyak pilihan dan produk perawatan dan perlindungan yang baik yang dapat dimanfaatkan.

Sehingga tampil cantik dan sehat kini adalah sebuah rutinitas yang mudah dan perlu untuk diterapkan.

Mengusung spirit Your Beauty Your Choice, perempuan Indonesia siap tampil cantik dan sehat di segala aktifitas dengan perawatan & perlindungan kulit jitu.    

“Setuju banget dengan apa yang disampaikan oleh dr. Nat. Aktivitas penuh bagi perempuan, yang kadang harus tampil di luar ruangan patut memperhatikan perlindungan dan perawatan kulit nan utuh. Sangat penting ya untuk menjaga dan merawat kecantikan. Kapan sih kita harus merawat atau menjaganya? Ya mulai dari sekarang, jadi engga ada waktu terlambat,” tambah Sally Giovanny yang sukses menggagas batik Trusmi di Cirebon dan pusat oleh-oleh Bali, The Keranjang.

Sejalan dengan itu, pegiat olahraga dan seorang cancer survivor, Feby Febiola juga menyampaikan, “Perawatan dan perlindungan kulit is-a-must, apalagi buat saya yang memang giat berolahraga. Saya memilih beraktifitas pagi atau sore untuk berolahraga agar tidak terlalu terpapar sinar matahari ekstrim. Aktif berolahraga serta menjalani beragam aktifitas positif lainnya begitu membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh,” pungkas Feby.

Nah, demikianlah trik melindungi kulit dari polusi dab sinar UV ekstrem. (*)