Anak Ingin Jadi Seniman? Buruan Ajak ke Jakarta Doodle Fest di M Bloc

By Maria Ermilinda Hayon, Jumat, 27 Oktober 2023 | 19:45 WIB
Jika Sahabat NOVA dan si kecil pecinta seni visual, yuk coba ajak ke Jakarta Doodle Fest di M bloc space akhir pekan ini. (NOVA/MARIA)

 

NOVA.ID - Si kecil kesayangan Sahabat NOVA menunjukkan minat dan bakat dalam seni?

Tapi Sahabat NOVA bingung bagaimana mendukung si kecil jadi seniman anak?

Yap, cita-cita anak untuk menjadi seniman juga membutuhkan dorongan dan pengalaman yang tepat untuk membantu mereka mengembangkan potensi kreatif mereka.

Selain memberikan mereka kesempatan untuk belajar dan berlatih, membawa mereka ke acara seni juga memiliki manfaat yang luar biasa.

Tak perlu bingung-bingung, akhir pekan ini Sahabat NOVA bisa mengintip gelaran Jakarta Doodle Fest yang diselenggarakan 27-29 Oktober 2023 di M Bloc Space, Jakarta Selatan.

Jakarta Doodle Fest (JDF) hadir dalam rangka merayakan pencapaian karya seni visual dan semakin berkembangnya Intellectual Property di Indonesia. 

Selama perhelatan, JDF akan menyoroti praktisi dan produk seni visual, mulai dari desain grafis, ilustrasi, hingga animasi.

Jadi, tepat banget buat bawa anak yang punya ketertarikan akan seni visual ke acara ini.

Soal tiket masuk pun gratis untuk ke beberapa area seperti creative market yang menampilkan banyak karya seniman dan juga bisa kita beli langsung.

"JDF ini celebrate about intelectual property, visual arts, memberikan panggung untuk kreator-kreator yang mungkin sudah banyak banget membuat merchandise dari karya-karyanya mereka. Kita juga mau introduce artist dan banyak banget kreator lain ke masyarakat Indonesia," jelas Mandy CJ, Co-founder of JDF and TFR, Artist and Entrepreneur dalam press conference pembukaan Jakarta Doodle Fest (27/10).

Menariknya lagi, acara ini tak hanya untuk orang-orang yang mengerti seni saja, kok, bahkan tidak terbatas usia.

Baca Juga: Jakarta Doodle Fest Serunya Merayakan Seni Visual, Musik, hingga Art Market!

 

"Targetnya tidak untuk orang yang ngerti seni aja. Malah, karena adanya JDF kita ingin membuat arts something that approachable untuk orang lain yang tidak di industri seni," jelas Mandy.

Jadi, semua orang bisa hadir, dari anak-anak hingga orang dewasa, laki-laki, perempuan, dan semua orang dari latar belakang yang berbeda.

“Kalau untuk anak-anak, sebenarnya memang kita di JDF ini tidak ada anything that child cosious. Tapi bisa jadi seru buat anak-anak datang dan melihat (karya) print dan visual. Kita juga banyak patung dan instalasi dari Museum of Toys yang bisa dipakai,” ujar Mandy pada NOVA.

“Ada juga banyak artist yang live painting. Jadi kalau mau datang, anak-anak yang suka seni bisa mendapatkan pengalaman, dan mencari inspirasi bisa di sini,” tambahnya.

Mandy menyarankan jika ingin datang bersama dengan keluarga atau anak-anak ke acara Jakarta Doodle Fest, lebih baik saat pagi hari.

Pasalnya bisa lebih leluasa untuk melihat-lihat juga.

“Mungkin better datang dari pagi sampai sore. Karena kita malamnya, apalagi hari ini dan Sabtu sudah ada party. Jadi kalau besok weekend mau jalan-jalan sama keluarga ke sini, itu terbuka sekali,” saran Mandy.

Di sisi lain, Muchlis Fachri atau biasa dikenal dengan nama Muklay, juga mengatakan bahwa membawa anak acara Jakarta Doodle Fest juga disarankan.

Apalagi jika memang anak-anak ini memiliki ketertarikan ke bidang seni visual.

Sebab akan membantu anak untuk mendapat pengalaman yang nyata tentang seni itu sendiri. 

“Kata doodle itu di-underline sebenernya. Itu kata yang paing ramah buat anak. Ada beberapa ketika gue pameran itu, (ditanya) ini apa ya? Dijawab doodles. Jadi sebenarnya doodles itu lebih common. Itu makanya menurut gue anak-anak juga mesti datang dan melihat untuk merasakan experince-nya," kata Artist and Artistic Director of JDF itu.

Jadi jangan sampai kelewatan datang ke acara Jakarta Doodle Fest ya! (*)